Sagoo : Warung Tempo Doeloe

Pas hari Sabtu (14/2) kemaren, gilee jalan dan mall-mall jakarta pada rame ma manusia yang berkeliaran dengan pasangannya masing-masing dan dengan kompaknya pake baju bernuansa pink..Oh No..pinky-pinky menyeruak ke permukaan bumi menyergap suasana mall-mall ibukota.. (Repottt tasee -Red.)

Nah, gw kepengan makan di pizza hut dan ngajak temen gw..tadinya mau ke Senayan City (karena ga mungkin juga ke PLasa Semanggi lagi karena tadi abis makan di Kinnotaki). Tapi akhirnya karena berniat nonton juga kita pilih ke La Piazza Kelapa gading deh..kita kesana naek taxi berhubung Mba Famin (temen kita yang biasa bawa mobil) gw ikutan karena dia ada acara kumpul-kumpul juga ma temen-temen jadul nya. Alhasil, kita nyampe di Kelapa Gading jam setengah 8-an..Melihat ruaamee nya daerah sono, gw agak kurang yakin bakal bisa dapet tempat ni di Pizza Hut. ..dan bener aja, waiting List Pizza Hut di La Piazza ada 24..buseettt dah..

Kita coba cari tempat lain di MKG ada juga kan PH, kita coba kesana dan antriannya ga kalah panjang tuh kayak sembako di MKG 1 itu. Nah di saat itulah, gw melihat ada yang unik di sebelah PH itu..ada warung tempo dulu yang namanya Sagoo. Resto ini cukup menarik perhatian di antara resto-resto fast food yang ada di deretan lantai dasar Mall Kelapa Gading 1. Kayak gini nih nuansa di depannya.

sagoo13

Nah di bagian depan resto ini ada warungnya gitu..Barang-barang yang dijual itu tergolong unik dan langka..barang-barang jadul: kerupuk, barang-barang terbuat dari rotan, permen karet, cokelat ayam, permen, minuman dan makanan ringan.

sagoo3

sagoo21

Nuansa yang kental di resto ini adalah nuansa cina (oriental) tempo dulu. Di bagian depannya juga ada papan menu yang termasuk favorit di Sagoo:

sagoo22

Akhirnya, kita memutuskan untuk makan di Sagoo dan mencobanya untuk mencari tahu keunikan sensasi rasa masakan disana. Pas masuk ke dalam, bangku-bangku dan meja tempat makannya terbuat dari kayu seperti jaman penjajahan. Dinding dilengkapi dengan lukisan-lukisan wanita oriental dan juga ada gambar wanita tua yang diberikan keterangan tulisan dibawahnya, Gambar yang terpampang adalah Oma dan MakCo dari sang empunya resto, dan disitu dijelaskan juga sedikit sejarah dan silsilahnya..ada foto keluarganya juga yang kental bangett masi sangat jadulll. Dindingnya tidak sepenuhnya cat tapi dilengkapi juga dengan model batu bata dan kayu-kayu disusun seperti pagar. Di mejanya sudah disediakan krupuk di atas piring kaleng (piring seng kalo di Cirebon menyebutnya) dan tissue di tempat yang terbuat dari seng juga.

lautze3491

Buku Menunya juga unik karena berupa papan gitu jadi ga bisa ditekuk.. ni dia:

sagoo18

sagoo19

Di ‘Papan Menu’ ini dijelaskan pula mana menu yang favorit mana menu yang khas di Sagoo.. Oiya setiap nama makanan atau minumannya ditulis dalam ejaan lama loh..dan dibawahnya ada penjelasan Es Djeroek Nipis (ini bagoes oentoek bikin suara jadi merdoe)..hehehe. Kisaran harga minuman dan makanan di sini lumayan terjangkau, mulai dari 3000an hingga 30000-an

Nah ini yang kita cicipin pas kemaren:

rudjak-malajsia

1. Rudjak Malajsia (baca: rujak malaysia) : rujak ini mirip isinya buah-buahan yang diserut gitu trus dibikin kayak manisan dan asinan bogor..Rasanya seger bangettt cocok untuk appetizer deh

tahoe-kopjok-telor

2. Tahoe Kopjok Telor (baca: tahu kopyok telur) : ini tahu telor yang dimakan bareng kecap petis..Rasanya sedap..memuaskan pokoknya.

nasgor-sagoo

3. Nasi goreng sagoo : Nasi gorengnya walaupun porsinya ga banyak, tapi bumbunya kerasa banget. Penyajiannya juga unik tempo dulu karena pake piring jadul punya. Oiya rasa nasi gorengnya ini ga ada penyedap rasanya alias vetsin, jadi bebas MSG dah..

loenpia-brontak1

4. Loenpia brontak (baca: lumpia brontak) : sesuai amanya temen-temen bisa bayangin donk kayak gimana? ini kayak lumpia yang biasa kita makan cuma ga digulung, isinya dibiarkan tersebar gituu jadi aroma udang ayam rebung dan kawan-kawannya cukup membuat hidung tergelitik dan ingin segera menghabiskannya. Selidik punya selidik, Loenpia brontak ini adalah satu karya yang diangkat karena sang empunya resto waktu membantu oma nya buat lumpia dia ga bisa menggulungnya dengan baik sehingga waktu digoreng isinya keluar semua..Nice..Enak rasanya cuma ga ada pedes-pedesnya..Saluttt, oiya ini lumpianya 3 potong deh kayaknya per porsi dengan harga cuma 12rb an kalo ga salah inget..

teh-potji-goela-batoe

5. Nah untuk minuk, kita pesen teh potji goela batoe (baca: teh poci gula batu) : penyajiannya unik seperti terasa manisnya juga ga terlalu karena pake nya gula batu..anget-anget enak dehh..Oiya untuk teh poci ini satu porsi untuk 2 orang loh.

Sambil menunggu, ga ada salahnya foto-foto juga koq :P

lautze342

on-ancient-sagoo-resto1

Untuk kesan pertama: Memuaskan dan bisa dijadikan pilihan alternatif tempat cari makanan tempo dulu, makanan yang sederhana tapi bumbunya pass bangettt, bukan fast food..oiya bisa jadi buat para orang tua disini bisa cari makanan-makanan jaman waktu kecil sehingga anak-anak sekarang bisa diceritain kenangan masa lalu juga…hehe

So? Tertarik kah Anda? Datang langsung aja ke Ancient Sagoo di Lantai dasar Mall Kelapa Gading 1. Oiya sebelumnya, Sagoo juga ada di PVJ (bandung), Pasuketan (Cirebon) loh..so Lets go ajah :) :)

6 thoughts on “Sagoo : Warung Tempo Doeloe

  1. Mohon maaf Ibu Fani,
    Saya tidak bermaksud mengiklankan yaa.. karena kalau iklan di blog saya pasti harus bayar.. Jadi, saya konfirmasikan kembali saya hanya MEREFERENSIKAN tempat makan yang bisa dipilih.

    Itu ajah,

    LaurenT

    Wakakaka :P :P

  2. aku udah nyobaian kesana mie nyemeknya rasanya dahsyat…palagi sambil minum teh tubruknya !! skrng jadi ketagihan..

    Salam,
    Yuli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s