Pohon waktu Psikotest

 
221

Temans,
 
Pas kita ikutan psikotes, tidak jarang bukan kalo kita disuruh gambar pohon? Bagian yang berbeda dari pohon berhubungan dengan aspek-aspek kepribadian kita, dan meskipun kita tidak tahu bagian-bagian dari pohon tersebut artinya apa, namun alam bawah sadar kita tahu. Jadi waktu menggambar pohon, alam bawah sadar kita memilih unsur-unsur dari pohon yang menggambarkan diri kita.

Cobalah menggambar sebuah pohon di atas selembar kertas. Lalu mari kita sama-sama menganalisa berdasarkan interpretasi dari Jonathan Rich, Ph.D dengan menjawab pertanyaan berikut:

1.Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?

  • Di tengah
    Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.
  • Di bagian bawah
    Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.
  • Tinggi di atas
    Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

2. Batang pohon seperti apa yang anda gambar?
  • Lebar
    Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.
  • Ramping
    Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.
  • Pohon bercabang di puncak
    Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini
3. Berapa tinggi pohon anda?
  • Lebih dari setengah tinggi kertas
    Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.
  • Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
    Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.
4. Pohon anda terletak di mana?
  • Di tanah
    Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun.
  • Di pot
    Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.
  • Di puncak gunung
    Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.
  • Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
    Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.
  • Di pulau
    Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda
5. Apakah pohon anda mempunyai dahan?
  • Ya
    Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.
  • Tidak
    Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.
6. Pohon anda condong ke arah mana?
  • Ke kiri
    Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.
  • Ke kanan
    Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.
  • Lurus
    Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.
7. Apakah anda menggambar akar?
  • Ya
    Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda.
  • Tidak
    Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.
8. Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?
  • Ya
    Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.
  • Tidak
    Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan.
 
9. Apakan anda menggambar yang lain selain pohon?

  • Buah / kacang pada pohon
    Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.
  • Rumput di bawah
    Anda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai.
  • Ada bunga di bawah pohon
    Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia).
  • Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon
    Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda.
  • Ada ayunan di pohon
    Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

25 thoughts on “Pohon waktu Psikotest

  1. Ya bukan berarti kudu cri yang bagus-bagus.. just be yourself, karena kan tar itu akan disesuaikan hasil psikotest nya dengan bakat dan minat di bidang/pekerjaan nanti :)

  2. berarti gw niy berhasrat tinggi ya lau…dan suka memendam perasaan (wuih….dalem cing wakakakakkakaakkak….)
    ternyata plo niy baeeeek bgt yaaaa klo dilihat dari gambar pohon doang siy….wakakakakakakakakakakka…(narsis kumat)

  3. Gambar pohon kelapa boleh g? Aku terlanjur nyoba gambar pohon kelapa..
    Pohon apa saja yg g boleh?

  4. Sepertinya kelapa termasuk pohon yang tidak boleh digambar deh.. kalo gak salah ga boleh pohon nya tuh cemara, kelapa, pisang, dan sejenis nya (Lau)

  5. mas tak post di blog ku ya tulisannya , he9, ijin dulu biar gag nge-langgar copy right… :)

    Silakan, kasi source link blog saya sadja, hehehe (Lau)

  6. itu kn cm mnjelaskan..tp sifat kita g bs dtu2pi..tak ad sesuatu yg sempurna..jadi diri sendiri itu lebih baik..

  7. Sesungguhnya, semua ini telah kuperhatikan, semua ini telah kuperiksa, yakni bahwa orang-orang yang benar dan orang-orang yang berhikmat dan perbuatan-perbuatan mereka, baik kasih maupun kebencian, ada di tangan Allah; manusia tidak mengetahui apapun yang dihadapinya.
    Segala sesuatu sama bagi sekalian; nasib orang sama: baik orang yang benar maupun orang yang fasik, orang yang baik maupun orang yang jahat, orang yang tahir maupun orang yang najis, orang yang mempersembahkan korban maupun yang tidak mempersembahkan korban. Sebagaimana orang yang baik, begitu pula orang yang berdosa; sebagaimana orang yang bersumpah, begitu pula orang yang takut untuk bersumpah.
    Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusiapun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.

    Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati.
    Karena orang-orang yang hidup tahu bahwa mereka akan mati, tetapi orang yang mati tak tahu apa-apa, tak ada upah lagi bagi mereka, bahkan kenangan kepada mereka sudah lenyap.
    Baik kasih mereka, maupun kebencian dan kecemburuan mereka sudah lama hilang, dan untuk selama-lamanya tak ada lagi bahagian mereka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari.
    Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.
    Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.
    Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
    Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.
    Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.
    Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s