Berkat TUHAN dalam setiap Masalah Hidup (Part III)

Pas hari jumat kemaren gw pergi ke jakarta selepas pulang dari kantor..jakarta macet banget tuh tapi itu gara2 ada mobil mogok sih di tol dalam kotanya..setelah melewati itu sih lancar-lancar aja justu di arah sebaliknya yg macet abis karena orang-orang dah pada mudik nih pas mau lebaran..

alhasil gw nyampe di Komdak jam setengah 7 kurang dan langsung gw menuju ke plaza Semanggi..gw nunggu temen gw untuk makan disana dan sambil nunggu gw menuju ke toko buku GRAMEDIA, iseng2 pas lagi liat2 buku aku sambil telepon ke nyokap gw di cirebon dan menanyakan kabarnya dan keadaan di cirebon, berhubung gw baru pulang ke cirebon pas hari lebarannya coz di tempat kerja gw tidak diberlakukan cuti bersama makanya yang mau cuti ya ngajuin cuti sendiri..dan karena gw ga lebaran ya gw ambil cuti nya setelah lebaran aja deh dengan asumsi gw ga kena arus mudik pas pulang k crb ntar..

Nah pas ngobrol2 di telepon, aku bertanya ada apa nih di rumah..tadinya mami ku ga mau bilang ada masalah lain yang pernah gw bahas pas part I, tapi akhirnya gw pancing2 untuk cerita dan mami gw pun menceritakan walaupun tidak begitu panjang. Namun, cerita yang singkat ini membuat ku berpikir wah masalah keluarga gw ga maen-maen nih..

Pfuigh..

gw menarik nafas panjang saat diceritain itu ma nyokap gw..bagaimana tidak nyokap gw telah berhasil menahan nya utk tidak cerita ke anak2nya dengan alasan tidak mau mengganggu anak2nya..Oh No!! Tuhan ampuni kami sebagai anak yang membiarkan masalah terjadi begitu saja tanpa kami tahu sedikit pun.. dengan begitu, gw bertekad untuk lebih sering lagi berkomunikasi dan pulang ke rumah sehingga gw tak merasa bersalah jika ada suatu masalah..memamng sih di rumah cirebon tidaka da siapa-siapa lagi selain bokap dan nyokap gw..jadi apapun yang terjadi disana hanya mereka aja yang tahu..

terbersit sebuah keraguan dalam hatiku bahwa apakah aku dan keluarga ku mampu Tuhan, aku teringat bahwa TUHAN tidak pernah menguji dan membiarkan cobaan datang kepada umatNya melebihi kemampuannya, melebihi kapasitasnya..mungkin ini jalanNya Tuhan untuk memperbesar kapasitas gw dan keluarga gw..melewati masalah demi masalah..

Guys, gw butuh bantuan doa lo semua yaa..makasih banyak buat teman-teman yang mendukung gw dalam segala hal..gw bersyukur punya kalian yang memberi motivasi di saat gw mulai goyah, gw mulai merasa tak berdaya, gw merasa lemah, dan gw tau jerih payah di dalam Tuhan tidak pernah sia-sia..Amin

“Laskar pelangi..”

Wah akhirnya gw bisa nonton laskar pelangi juga..Pas hari sabtu di planet hollywood yang studio 3 mule maen nya jam8..penuh tuh satu studio (dua studio denk di PH)..gw nonton bareng temen gw kiko n Famin, sebelom nonton kita makan dulu di HokBen coz no other choice hehehee..ketemu ma Wawan dan kawan-kawan deh, mereka nonton yang jam setengah 8..

berikut ringkasan filmnya yang ditampilkan di www.21cineplex.com

Sebuah adaptasi sinema dari novel fenomenal LASKAR PELANGI karya Andrea Hirata, yang mengambil setting di akhir tahun 70-an

Hari pertama pembukaan kelas baru di sekolah SD Muhammadyah menjadi sangat menegangkan bagi dua guru luar biasa, Muslimah (Cut Mini) dan Pak Harfan (Ikranagara), serta 9 orang murid yang menunggu di sekolah yang terletak di desa Gantong, Belitong. Sebab kalau tidak mencapai 10 murid yang mendaftar, sekolah akan ditutup.

Hari itu, Harun, seorang murid istimewa menyelamatkan mereka. Ke 10 murid yang kemudian diberi nama Laskar Pelangi oleh Bu Muslimah, menjalin kisah yang tak terlupakan.

5 tahun bersama, Bu Mus, Pak Harfan dan ke 10 murid dengan keunikan dan keistimewaannya masing masing, berjuang untuk terus bisa sekolah. Di antara berbagai tantangan berat dan tekanan untuk menyerah, Ikal (Zulfani), Lintang (Ferdian) dan Mahar (Veris Yamarno) dengan bakat dan kecerdasannya muncul sebagai pendorong semangat sekolah mereka.

Di tengah upaya untuk tetap mempertahankan sekolah, mereka kembali harus menghadapi tantangan yang besar. Sanggupkah mereka bertahan menghadapi cobaan demi cobaan?

Film ini dipenuhi kisah tentang kalangan pinggiran, dan kisah perjuangan hidup menggapai mimpi yang mengharukan, serta keindahan persahabatan yang menyelamatkan hidup manusia, dengan latar belakang sebuah pulau indah yang pernah menjadi salah satu pulau terkaya di Indonesia.

Menonton film ini membuat gw semakin mengerti bahwa kehidupan itu untuk dijalani dengan segala daya dan upaya..Film ini gw recommendasikan deh ke kalian semua untuk ditonton..berbagai tokoh watak yang diperankan oleh anak2nya gilleee bagus banget..SANGAT MENYENTUH..

ada seorang Lintang yang dengan semangat tinggi menempuh perjalanan 80km setiap harinya untuk bersekolah karena dia tinggal di daerah pesisir..bahkan dia harus menunggu buaya masuk ke rawa-rawa dulu untuk dia bisa melewati jalan tersebut..namun, dengan segala keterbatasannya, dia tetap rajin..dia pintar dalam hal berhitung dan pengetahuan2 tentang alam..yaps, dia dididik oleh alam..

ada seorang Mahar yang memiliki jiwa seni yang tinggi yang kesukaannya mendengarkan radio..dia suka akan musik jazz..namun dia juga tertarik dengan musik melayu..salah satunya BUNGA SEROJA yang ia nyanyiin di film ini.dia juga sangat tertarik dengan kebudayaan..bahkan dia yang punya ide menyajikan tarian suku Asmat saat ada festival 17 Agustusan di sekolahnya..benar-benar jiwa seni yang tinggi..

ada tokoh seorang Guru yang bener2 berdedikasi..Bu Muslimah dan Pak Harpan yang tetep semangat mengajar walaupun murid mereka cuma 10 orang..mereka patut disebut PAHLAWAN TANPA TANDA JASA..mereka berdedikasi tinggi dalam pendidikan..mereka ingin melihat bahwa generasi orang-orang yang sebagian besar hanya buruh dan kuli bisa punya cita-cita yang tinggi..dan itu dibuktikan oleh mereka..salut buat mereka..

Film ini sangat menyentuh apalagi pas bagian dimana Lintang setelah memenangkan lomba cerdas cermat justru ia mendapat kenyataan pahit bahwa dia harus kehilangan Bapak nya yang merupakan orangtua tunggal dia dan ketiga adiknya yang masih kecil; disitu-lah bagian yang paling mengharukan menurutku..saat kita bisa mencapai kesuksesan dan kita justru dapet juga kenyataan pahit dan apa yang diambil Lintang menjadi keputusan terbaik..seorang anak kecil yang berani mengambil alih tugas bapaknya..dia seorang yang penuh tanggung jawab..yang membuat seorang Ikal bisa tetap semangat dalam sekolah hingga akhirnya dia mendapat beasiswa ke Paris, Perancis..

Film ini bagus untuk mereka yang ingin mengerti kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan..Film ini mengajarkan kepada kita bahwa kita ” harus hidup dengan banyak-banyak memberi bukan banyak-banyak menerima..” begitu pesan terakhir dari Pak Harpan yang menjunjung tinggi nilai moral dan agama..

Berikut Lirik Lagu dari Laskar pelangi yang dibawakan oleh Nidji:

mimpi adalah kunci
untuk kita menaklukkan dunia
telah hilang
tanpa lelah sampai engkau
meraihnya

laskar pelangi
takkan terikat waktu
bebaskan mimpimu di angkasa
raih bintang di jiwa

menarilah dan terus tertawa
walau dunia tak seindah surga
bersukurlah pada yang kuasa
cinta kita di dunia

selamanya…

cinta kepada hidup
memberikan senyuman abadi
walau ini kadang tak adil
tapi cinta lengkapi kita

laskar pelangi
takkan terikat waktu
jangan berhenti mewarnai
jutaan mimpi di bumi

menarilah dan terus tertawa
walau dunia takseindah surga
bersukurlah pada yang kuasa
cinta kita di dunia

selamanya…

Selamat Idul Fitri bagi yang merayakan..

Dear all,
 
Hari Raya nan Fitri akan kunjung tiba..
Selamat menyambut hari nan fitri dengan ketulusan hati..
Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 H..
 
 
 
 
 
 
 
Dalam menyambut hari Fitri..
Itulah saat yang tepat bagi kita semua
untuk bersilahturahmi..
untuk saling bermaafan..
 
 
 
 
 
 
 
 
Untuk rekan-rekan yang akan bersilahturahmi ke kota lain
atau pulang ke rumah tercinta,
semoga selalu dalam keadaan baik..
tetap sehat dan kuat..
dilindungi dari segala mara bahaya..
dan bisa berkumpul dengan orang-orang yang dicintai..
 
  
 
 
Melalui blog ini,
Laurent mohon maaf lahir dan bathin
atas semua kesalahan dan kekhilafan
yang pernah dilakukan
baik sengaja maupun tidak,
dalam segala aspek kemanusiaan ini..
 
 
 
  

Berkat TUHAN dalam setiap Masalah Hidup (Part II)

“THANKS GOD for Nice DAY in September”..

Itu status yang gw pasang mulai tanggal satu September di Lotus Sametime (ato biasana disingkat jadi ST ajah). Ini salah satu jenis software yang dipake di perusahaan gw yang bisa digunakan untuk chatting intranet ke sesama operator (eh salah ini mah iklan AXIS denk) ke temen2 ato rekan kerja dalam lingkup Dexagroup.

Di bulan September ini aku juga dapet bukti dari kata-kata tersebut..setidaknya aku jadi makin dikuatkan..aku makin percaya kalao judul di atas tulisan ini akan terus menerus bersambung hingga serentetan berkat Tuhan yang disediakan Nya itu tercurah bagi gw dan keluarga gw..

Dan ini berkat permulaan, mengapa? karena saya percaya ini baru sebagian kecil dari rencana Nya yang luar biasa indah..mau tahu apa berkat permulaan dari Tuhan dalam setiap permasalahan hidup yang gw alami? Ini dia.. (semoga membangkitkan semangat, kekuatan, dan memberi motivasi untuk kita semua agar tidak pernah menyerah kepada yang namanya keadaan dan masalah)..

Tanggal 15 September 2008, gw diberi kesempatan untuk belajar mnyusun budget departemen DLBS. Bersama para senior2 gw (Pak Asep, mba Poppy, Ci bibie) yang tentunya mereka-mereka ini dah lebih banyak makan asam garam dalam hal per-BUDGET-an..hehehe..

Keesokan harinya, pak Raymond (kalo yang dah pernah baca tulisan gw pasti tau lah ya siapa dia..hehehhe) menelpon gw dan berkata kalau dia kirim strategic map untuk tahun depan sambil menjelaskan secara umum tentang langkah penyusunannya..nah di akhir pembicaraannya pak ray bilang kalo dia punya kabar bagus untuk gw, tapi nanti aja katanya akan dikasi tau pas dia datang ke cikarang..dan gw cukup sabar menunggu..

Di Hari rabu (17 Sep 08), rekan kerja gw di DLBS (Dina Rahmi) mengatakan lewat chat by ST bahwa gw akan dapet kabar baek..nah gw bingung dah..kabar baek apaan sih bu? gw bilang gituu..ternyata dia juga menerima kabar baek dari pa Ray pas hari itu, dan dia bilang kalo ntar pa Ray ke cikarang gw bakal dikasi tau..oo..ya oke lah..gw akan tunggu kabar bagus itu…

Tapi, namanya juga manusia..dikasi tau bakal dapet kabar bagus ya pasti pengen tau secepet2nya toh? ya gak? makanya gw mencoba untuk cari tau sendiri dulu tentang kabar baek itu..gmn caranya? karena akhir-akhir ini (maksudnya pas Agustus-September ini) gw sedang bergumul ttg kerjaan gw..ya gw cari tau nya di portal dari perusahaan gw..disitu gw dapetin bahwa possition title nya koq dah ganti yaa..tadinya assistant scientist koq dah berubah associate scientist..dan gw berucap Thanks God!! mungkin ini yang akan disampaikan oleh pak Ray pas ntar dia k cikarang..

Sekilas tentang resolusi gw tahun 2008, gw sempet punya resolusi kalo di tahun 2008 ini gw harus udah jadi associate scientist dan gw pasang tuh resolusi di stereofoam di tembok kamar kos gw..Tapi seiring bertambahnya waktu gw melihat kayaknya ga bakal kecapai nih resolusi itu..akhirnya gw copot deh tuh resolusi pas Agustus (setelah gw dah 2 tahun bekerja)..dan gw mulai bergumul ttg kerjaan gw..apakah gw harus mulai mencari-cari tempat baru atao stay tetep disini..Thats yang gw alami sebelumnya.

Nah otomatis donk gw sedikit terkejut..jawabannya tepat pada waktunya..Beberapa temen gw pernah bertanya apakah rencana gw ke depannya di pekerjaan? dan gw cuma jawab dan menetapkan batas-batas waktu untuk gw mengambil langkah:

  1. Setelah gw 2 tahun bekerja (14 juli 2008) apa yang akan terjadi..
  2. Setelah bulan September apa yang akan terjadi (mengingat kenapa sampe September? karena gw pernah ikut program pendidikan management di kantor gw dan gw membayar sebesar 25% dari total biaya pendidikan..Nah pas sudah selesainya, gw dapet juara II jadi uang yang gw bayarin akan dikembalikan lagi ke gw setelah cicilan lunas dan kalo diitung-itung itu pas di bulan September 2008 akan dibalikin).

Dari kedua batasan tersebut gw sudah melampaui yang juli dan gw agak sedikit kecewa sih waktu itu..makanya sampe tulisan resolusi 2008 itu gw copot dari singgasananya..hehehe

But Tuhan kita tidak pernah berhenti untuk mendengar toh? DIA Tuhan yang tidak jemu-jemu mendengar setiap keluh kesah dan keinginan hati anak-anakNya..Dan di bulan September ini gw dapet kejutan itu..

Pas hari senin, tanggal 22 September kemaren, Pa Ray manggil gw ke ruangannya..dan gw dah menebak akan diberi tau kabar bagus itu..Awalnya sih cerita-cerita ttg kemajuan project gw dan beberapa hal lain..Tapi akhirnya dia menyodorkan kertas rangkap tiga dan dia menjelaskan bahwa dia sudah mengajukan permohonan kenaikan jabatan untuk gw dan telah disetujui oleh pak FAS (Managing director di perusahaan gw)..dan dia menerangkan nya dan gw tanda tangan deh di kertas itu..Thanks GOD !!

dan pas hari ini, 23 September 2008 gw pindah deh di lantai atas, mengingat kerjaan gw juga yang dah di atas ya udah dehh boyongan tuh pagi2 bawa2 barang2 yang ga sedikit..hehehe..itu berkat permulaan yang gw rasain di bulan September ini.. 

Pesan Moral: orang yang bermoral akan memberi pesan moral yang bermoral agar dia bisa memper-moral orang-orang yang hendak menjadi bermoral (apaan sehh..dah ga jelas..gini nih kalo nulis di blog sambil disiram aliran udara dari AC yang dinginnya minta ampun)..wakaka..

So..nantiin berkat2 laennya juga..

Tetap kuat dalam setiap masalah..hidup akan jadi lebih tak berarti saat hidup kita biasa-biasa saja..hidup akan lebih berwarna saat kita bisa menghadapi masalah dengan sikap hidup yang benar (lau-Tze quote)

Berkat TUHAN dalam setiap Masalah Hidup (Part I)

Tepat di Hari Kamis Tanggal 21 Agustus lalu gw dapet sms dari papi gw kalo sudah pulang kerja harap telepon ke rumah..Nah, pas hari itu gw agak capek pulang kerja jadi gw tidur2an setelah nyampe di kos ..dan karena HP gw juga lowbat langsung gw charge deh tuh hp..alhasil sms tesebut baru gw baca sekitar jam 7 malem kurang 10 menit-an gituu..
Gw langsung telepon ke rumah (di Cirebon -Red.) dan bicara dengan mami gw…Dalam pembicaraan itu, gw sedikit tertegun karena terdengar suara yang terbata-bata..dan gw bisa pastikan kalo nyokap gw sambil menangis bercerita di telepon..alhasil gw tau apa yang terjadi di keluarga gw..Otomatis itu membuat gw terkejut..karena selama ini gw ga menyangka begini keadaannya..
 
Hmm.. Pantes saja beberapa hari sebelumnya aku serasa terpikirkan sesuatu yang belum kunjung nyata..bahkan temen kerja gw (Ibu Deasy yang namanya panjang tea Deasy Diah Dwi Retno Wulan) sempet bilang ke gw ” Ren, kenapa sih muka lo kusut banget, lagi ada masalah pak?” dan gw jawab aja ” Kusut?? Enggak ah..biasa aja.. dan lagi gw ga merasa sedang bermasalah koq bu..”
 
dan di hari Kamis itu-lah aku mendapatkan jawaban yang sesungguhnya..Mungkin itu yang namanya kontak bathin..but sayangnya gw masih kurang peka untuk hal ini..(koq deasy yang bisa lebih peka yaa??) bingung dah gw..hehehe
 
But i’m sorry guys, i cannot share about our problem coz i trust by this problem i and my fam can get more of great life lesson..
 
Pas di hari yang sama itu adalah hari KOMSEL (persekutuan muda mudi Kristen), tadinya ada niat untuk tidak menghadirinya..tapi gw berketetapan untuk setia datang..karena gw yakin persekutuan dengan orang-orang seiman itu bisa menguatkan gw..walopun temen2 di komsel nanti tidak tahu apa yang baru saja terjadi yang aku ketahui dari rumah..dan bener, gw merasa dikuatkan..Pas hari itu dibahas mengenai Doa yang sesuai dengan kehendak Allah..
 
Besok harinya gw curhat ttg hal yang dialami oleh keluarga gw ke cici gw (kakak -Red.) karena ternyata mami gw cuma bilang ke gw..dan gw share semua nya ke cici gw..kami pun bersepakat saat itu (karena gw percaya dua orang sepakat di bumi meminta satu hal TUHAN pasti akan berikan) bahwa Masalah ini pasti akan selesai bagaimana pun solusinya..Masalah ini adalah pijakan yang harus kami tempuh untuk kami bisa mencapai tempat yang lebih tinggi..Kami juga bersepakat bahwa keluarga kami akan tetap kuat menjalani semua nya ini..
 
Teringat sebuah lirik lagu demikian:
 
“Banyak perkara yang tak dapat ku mengerti…mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini..satu perkara..yang kusimpan dalam hati..tiada satu pun khan terjadi..tanpa ALLAH Peduli”
 
Kami sepakat untuk tetap menyerahkan semua masalah kami kepada Tuhan karena toh masalah ini sudah ada dan tugas kita tinggal mencari solusi dan jalan keluar yang terbaik..dan gw teringat  ayat “…Allahku akan memenuhi segala keperluan hidupmu menurut kekayan dan kemuliaanNya dalam Kristus Yesus..dan juga ayat yang ini Segala perkara dapat kutanggung di dalam DIA yang memberi kekuatan kepadaku.”
Yaps, Ada seorang Penolong yang setia, yang selalu mengingatkan kita bahwa di dunia ini kita tidak pernah akan menjalani hidup seorang diri..ada DIA yang berjanji akan menyertai kita semua sampai kepada akhir zaman..ada Bapa yang tidak pernah tinggal diam membiarkan anak-anak Nya hidup dalam penderitaan…so gw cuma bisa menguatkan hati gw untuk tetep percaya bahwa ada berkat TUHAN di balik setiap masalah yang boleh gw dan keluarga gw hadapi…
“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai Rencana Allah.”
 
Pas hari jumat tanggal 29 Agustus 2008 pagi, gw dapet sms lagi dari papi dan itu sungguh membuat gw ga nyaman dan merasa gelisah..akhirnya gw putusin untuk meminta ijin ke Pak Raymond (atasan gw di DLBS: Thanks pak atas pengertian dan kebijaksaan dari Bapak) untuk pulang ke cirebon saat itu juga. Perjalanan gw nyampe crb kira2 memakan waktu 4-5 jam dan akhirnya gw bisa ketemu dengan ortu gw..dan menanyakan semua yang masih belom saya ketahui secara detail..dan OK sekarang dah makin jelas masalahnya…Lets we make the best solution for solving that problem..
 
Weekend terakhir di Bulan Agustus (tgl 30-31), gw dan cici gw dah sepakat kita harus sama2 pulang ke crb..dan cici gw pulang ke crb hari sabtu malam (nyampe jam 12 malem)..dan kita berdiskusi ttg banyak hal utk mengambil jalan keluar terbaik dari masalah tersebut…
 
Kita akan lihat janji TUHAN itu iya dan Amin..
ALLAH adalah setia..dan perjanjianNya tidak pernah gagal 🙂
 
So jangan tingalin or lupa utk baca blog ini ya untuk tahu berkat apa di balik semuanya..I trust to YOU GOD..Amen
^^