Pemadaman Kebakaran..

Kemarin (27/11), di Tempat kerjaku diadakan training Penanggulangan bahaya Kebakaran. Training ini diadakan di DLBS yang bekerjasama dengan Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi. Kantornya sih adanya di Tambun.. Yang hadir ada Pak Warsono (kepala Seksi Pencegahan) sama Pak Soewaji.

Tulisan ini dibuat sebagai informasi tambahan yang penting bagi kita semua, mengingat bahaya tidak datang dengan perencanaan. Semoga bermanfaat buat kita semua.

api

Api merupakan zat pijar yang menyala dan mengeluarkan cahaya dan panas serta dapat menghasilkan nyala, asap, dan bara.

Api bisa terjadi dengan adanya TIGA unsur berikut, yaitu: Benda yang dapat terbakar, Panas, dan Oksigen (udara).

Ketiganya biasa disebut sebagai SEGITIGA API (Fire Triangle of COMBUSTION).

jadi untuk memadamkan api kita perlu menghilangkan SATU DARI TIGA unsur tersebut.

 

 

 

Kita perlu juga mengenal kelas-kelas kebakaran. hal ini perlu diketahui agar kita bisa dengan cepat memadamkan api. AIR bukan lah jawaban yang menyelesaikan semua jenis kelas kebakaran yang terjadi.

Pengenalan Kelas-Kelas Kebakaran

Kebakaran di Indonesia dibagi menjadi tiga kelas, yaitu:

  • Kelas
    Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa dan lain-lainnya. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering.
  • Kelas
    Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan, misalnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol dan lain-lainnya. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: pasir dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering. Dilarang memakai air untuk jenis ini karena berat jenis air lebih berat dari pada berat jenis bahan di atas sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar kemana-mana
  • Kelas
    Kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering. Matikan dulu sumber listrik agar kita aman dalam memadamkan kebakaran

 

Nah untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran, perlu alat-alat yang bisa digunakan untuk memadamkan. Biasanya alat-alat tersebut digunakan untuk menghilangkan unsur UDARA atau juga PANAS sehingga api menjadi padam. Nah yuks kita tengok apa saja yang bisa kita gunakan untuk menolong kita saat terjadi kebakaran…

KARUNG GONI

karung-goni

Karung Goni merupkan alat tradisional yang bisa digunakan untuk memadamkan api, tapi dengan satu syarat yaitu karung goni BASAH !!

Nah cara penngunaannya juga harus benar, ujung kiri dan kana pada bagian atas karung goni dilipat dengan ibu jari dan kemudian dilipat lagi untuk melindungi tangan kita. Muka kita juga perlu dilindungi dengan karung goni basah tersebut dengan cara tidak melongok ke api yang akan dipadamkan. Tunggu sampai asap putih terbentuk yang menyatakan bahwa api di bawahnya sudah padam. Jika api ikut terbawa ke karung goni, sebisa mungkin karung goni ditekuk sehingga api berada pada bagian tekukan dan mati pada akhirnya.

fire_02Peralatan Pencegahan Kebakaran

  • APAR / Fire Extinguishers / Racun Api
    Peralatan ini merupakan peralatan reaksi cepat yang multi guna karena dapat dipakai untuk jenis kebakaran A,B dan C. Peralatan ini mempunyai berbagai ukuran beratnya, sehingga dapat ditempatkan sesuai dengan besar-kecilnya resiko kebakaran yang mungkin timbul dari daerah tersebut, misalnya tempat penimbunan bahan bakar terasa tidak rasional bila di situ kita tempatkan racun api dengan ukuran 1,2 Kg dengan jumlah satu tabung. Bahan yang ada dalam tabung pemadam api tersebut ada yang dari bahan kinia kering, foam / busa dan CO2, untuk Halon tidak diperkenankan dipakai di Indonesia.
  • Hydran
    Ada 3 jenis hydran, yaitu hydran gedung, hydran halaman dan hydran kota, sesuai namanya hydran gedung ditempatkan dalam gedung, untuk hydran halaman ditempatkan di halaman, sedangkan hydran kota biasanya ditempatkan pada beberapa titik yang memungkinkan Unit Pemadam Kebakaran suatu kota mengambil cadangan air.
  • Detektor Asap / Smoke Detector
    Peralatan yang memungkinkan secara otomatis akan memberitahukan kepada setiap orang apabila ada asap pada suatu daerah maka alat ini akan berbunyi, khusus untuk pemakaian dalam gedung.
  • Fire Alarm
    Peralatan yang dipergunakan untuk memberitahukan kepada setiap orang akan adanya bahaya kebakaran pada suatu tempat
  • Sprinkler
    Peralatan yang dipergunakan khusus dalam gedung, yang akan memancarkan air secara otomatis apabila terjadi pemanasan pada suatu suhu tertentu pada daerah di mana ada sprinkler tersebut

Pencegahan Kebakaran

Setelah kita mengetahui pengklasifikasian, prinsip pemadaman dan perlengkapan pemadaman suatu kebakaran maka kita harus bisa mengelola kesemuanya itu menjadi suatu sistem manajemen /pengelolaan pencegahan bahaya kebakaran.

Kita mengambil contoh dari pengelolaan pencegahan kebakaran pada bangunan tinggi.

  • Identifikasi bahaya yang dapat mengakibatkan kebakaran pada gedung itu.
    • Bahan Mudah Terbakar, seperti karpet, kertas, karet, dan lain-lain
    • Sumber Panas, seperti Listrik, Listrik statis, nyala api rokok dan lain-lain
  • Penilaian Resiko
    Resiko tinggi karena merupakan bangunan tinggi yang banyak orang
  • Monitoring
    Inspeksi Listrik, Inspeksi Bangunan, Inspeksi Peralatan Pemadam Kebakaran, Training, Fire Drill / Latihan Kebakaran dan lain-lain
  • Recovery / Pemulihan
    Emergency Response Plan / Rencana Tindakan Tanggap Darurat, P3K, Prosedur-Prosedur, dan lain-lain.

 

 sumber lain: http://safe.gq.nu/fire.html

Semoga ini bisa menambah informasi untuk kita semua..

— untuk hidup yang lebih baik —

my B-day

Thanks GOD buat umur yang ditambahkan pada diriku..

bawa aku menjadi orang lebih memahami arti kehidupan..

ajari aku di saat aku menghadapi hal-hal kecil maupun besar..

tuntun aku melalui lembah yang dalam maupun gunung yang tinggi..

 

terima kasih atas setiap kejutan-kejutan kecil dari-Mu..

terima kasih atas setiap teguran dan peringatan-Mu..

terima kasih atas didikan dan ajaran-Mu..

 

terima kasih Tuhan atas keindahan yang boleh aku nikmati..

atas keakraban yang boleh aku alami..

atas kasih persaudaraan yang boleh aku kecap..

atas kebersamaan yang boleh aku kenang..

atas segala gesekan yang boleh aku rasakan..

 

terima kasih atas semua kenyamanan yang boleh aku sempat terpana mengalaminya..

atas setiap desakan yang membuat ku untuk segera beranjak dari zona nyamanku..

terima kasih atas semangat yang menyala-nyala yang boleh aku kobarkan..

atas kesempatan yang boleh ditunjukkan dalam kehidupan ini..

 

Terima kasih untuk kedua orang tua ku..

terima kasih untuk keberadaan mereka..

terima kasih untuk waktu yang boleh aku jalani bersama mereka..

terima kasih untuk membawa aku lebih mengenal mereka..

 

terima kasih atas kejadian-kejadian yang boleh membuatku senang..

atas momen-mone yang membuatku terharu, sedih bahkan hingga meneteskan air mata..

terima kasih atas semua momen yang menambahkan arti bagi sejengkal umur hidupku ini..

 

Terima kasih untuk teman-teman yang selalu ada di sampingku..

saudara yang selalu menyokong saat-saat terberatku menjalani hidup ini..

sobat-sobat terbaik yang pernah kumiliki..

 

Sekarang,

Usiaku sudah 24 tahun..

biarlah sisa umurku ini memberi arti bagi hidup banyak orang..

membagikan suasana keakraban..

 

maafkan aku,

yang selama ini menyusahkanmu..

yang selama ini tak memberi arti bagi kehidupan..

yang selama ini mengeluarkan keluhan yang tidak membangun..

yang selama ini tidak memperhatikanmu..

 

ku berusaha..memberi nilai pada bejana tanah liat ini..

namun

kegagalan yang kudapat.

mungkin belum saatnya..

atau kah upayaku belum maksimal?

 

di tahun ini,

aku mau menjadikan setiap kejadian adalah INDAH

setiap momen adalah BERHARGA

setiap masalah adalah ANUGERAH

setiap gesekan adalah CARA UNTUK BERTUMBUH

setiap emosi adalah PROSES PENDEWASAAN

 

dan aku berharap,

diriku bisa menjadi seorang yang memberi arti bagi kehidupan..

membawa harum nama keluarga ku..

menjadi teladan bagi banyak orang di sekelilingku..

 

bukan karena kuat dan gagahku tapi karena DIA yang menjadikan aku kuat

(memory November 2008)

Kumpul2 temen2 SMU…

Haii…apa kabar nih? Sekarang dimana?

itu biasanya kata-kata yang kita lontarkan saat kita bertemu lagi sama orang-orang yang dulu kita pernah bersama..ya setidaknya itu g gw alami pas weekend tanggal 8 November kemaren..

Gw diberitahu oleh kawan-kawan SMU gw kalo akan ada acara kumpul-kumpul di Mall taman ANggrek (MTA). Acaranya sih awalnya diperuntukkan sebagai surprise untuk temen kita Marini yang ultah tgl 5 kemaren..tapi katanya dah sempet bocor duluan jadi ga jadi ada surprise2an nya..cuma makan2 bersama.

gw sih dikasi tau nya sama Mona selaku EO nya..hehehe gw dateng ke citraland dulu untuk bergabung dengan Andre, Marini, dan Mona..Lalu sekitar jam 11 an kita baru menuju ke MTA. Pas di MTA karena awal janjiannya jam 12 sedangkan pas nyampe baru jam stgh12 makanya kita jalan2 dulu deh

Para cewek tertarik berkunjung untuk melihat The Body Shop karena ada tulisan SALE..wakakaak biasa lah para cewek..ga tahan ma tulisan ituu..alhasil ada lagi dah yang dateng, Siska dan Marlina. dan akhirnya kita memutuskan untuk menunggu di depan Hartz Buffet di Lantai 3 ato 4 yaa lupa dahh..Untuk konfirmasi sebelom masuk, Mona nanyain ke bagian kasirnya dulu kalo kupon yang dia punya masih berlaku tidak, lumayan diskonnya 25% untuk rombongan tapi cuma bisa 1 kali transaksi. Ya sudah deh akhirnya kita tunggu bentar beberapa temen yang janji mau dateng juga.

Alhasil, setelah cukup lama menunggu dengan disertai iringan nada-nada sumbang dari perut kita masing2, dateng juga temen kita satu lagi yaitu Missayu. Dia ini calon Dokter loh..Wuihh hebat..dan temen kita yang janji mau dateng lagi adalah Devi, Eliezer juga dah di jalan katanya..tapi yang laen ga ada jawaban or kabar berita nya.

Pas jam stgh1 kita makena charge 67rb setelah dipotong diskon dan sudah termasuk pajak tentunya.. Makan pun dimulai tapi sebelomnya pasti ada acara poto2..kalo tentang foto tar aja deh liat di blog gw yang emang ditujukan untuk foto2 gw..wakakaka okay? tau kahn fotolau.wordpress.com

Menunya sih kebanyakan ayam or orang bule bilang chicken karena emang dulunya aja namanya Hartz Chicken buffet..tapi menuut gw sih ga enak nih masakannya..gw ambil nasi merah yang katanya fried rice tapi busyet dah kering ajahh tuh nasi trus ga berasa pulaa..gw ambil jagungnya juga tua euy..capee dehh..kalo kentang mexiconya lumayan tuh..dimsumnya juga ga enak2 banget deh..ya intinya kurang memuaskan di sana makanannya. Jangan kesini lagi dah!!

pas di saat makan ada temen kita satu orang bernama Hananto yang dateng ma pacarnya, dia ga ikutan makan sih karena dah makan katanya..ya sudah kita semua bernostalgia..dan ternyata ga banyak dari kita yang tau kabar2 temen satu angkatan kita..intinya ga update, termasuk gw ada satu temen gw yang bisa dibilang satu genk ma gw ternyata dia dah s2..gilee..padahal khan dulu gw yang disebut lau tze..wakkaak (loh koq ga nyambung yooo)..ayoo papi oyonK kau jagooo!!! sayang dia disuruh pulang k cirebon jadi ga bisa gabung deh..salut for you papi OyoNK!!

setelah makan tercetus sebuah ide untuk berkaraoke bersama di InulVista di lantai 6 MTA. tapi karena ada beberapa temen kami yang harus pulang cepet makanya ga semua ikutan karokean deh..Mona, missayu ma eliezer kudu pulang duluan sementara Hananto dah pasti akan melanjutkan kencan nya lah..jadi tinggal kita be-6 (gw, andre, marlina, siska, devi, marini) yang akan karokean.

Di Inul vista kita sewa yang medium room..seperti yang pernah gw tulis kemaren di inul ini ada lampu disko2nya gituu..trus ada kecrekannya (kalo kali ini kecrekannya nyala lampunya coyy) terus keyboardnya keren dahh.. ga kayak yang di Plasa Semanggi. Lagunya sih masi ada yang belom nongol. kayak lagu Bukan superstarnya Project pop, belom ada mulu tuh walopun di pilihannya ada tapi pas giliran play ga ada tuh.

lagu-lagu ringan dan agak rusuh pun dinyanyikan disitu 2 jam sudah dihabiskan di dalam ruangan untuk mengoceh dan berbusa-busa..hehehe..menyenangkan lah pokoke..menyalurkan hobi gw pastinyaa..wakakaa

Selesai dari situ kita ber6 jalan bentar ke Metro yang memajang tulisan “SALE” juga..hugh cewek2 nih..hehehe, gw mau pulang duluan dan dianter deh ma temen2 gw..taunya..UJAN GEDE!!!..huwaaaaaa..tidak!! Gmna gw bisa pulang kalo gini..tapi akhirnya gw nebeng ma temen yang mau pake Taxi dan gw turun di Halte busway yang tomang di deket MTA itu..gw berteduh sambil menunggu bis 46 ke arah cawang uki. Hugh..

senangnya bisa berkumpul dengan kalian kawan-kawan..Oiya jangan lupa yaa gabung ke milis kita di yahoogroups. dah gw buatin biar kita bisa saling komunikasi lagi..Okay? Gabung ajah langsung ke 2002_SMUK1CRB@yahoogroups.com

GBU all

Blog Foto gw..

Teman-teman,

akhirnya gw kepikiran untuk buat blog baru yang isinya cuma foto-foto..sayangnya belom semua foto2 gw upload kesono..berhubung lemotnya jaringan (upss..)

ini linknya: http://fotolau.wordpress.com/

ato bisa di klik dari link yang ada di bagian samping blog ini, Link nya gw beri judul Lau-Tze Punya Banyak Foto

jangan lupa kasi comment yah temans…

Mari menjadi blogger yang setia..wakakaka..apaan seh

^^

Lau-Tze

dapet Box stimuno..

Pas 2 bulan lalu gw secara iseng mengikuti sebuah kuis di intern group perusahaan gw..kuis nya itu ada 3 pertanyaan gitu tantang stimuno dan setiap peserta kuis harus menjawab dengan benar ketiga pertanyaan dan menyertakan bungkus luar dari stimuno. Bagi yang belum tahu stimuno itu apa..nih produknya:

stimunoStimuno merupakan salah satu Fitofarmaka di Indonesia karena telah teruji klinis untuk sistem imun atau daya tahan tubuh. Stimuno merupakan fitofarmaka yang berasal dari herbal yang kadang sering kita injak-injak semasa kecil dulu..namanya adalah Meniran..Herbal ini ternyata mengandung banyak sekali peranan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Stimuno diproduksi oleh PT Dexa Medica, yang merupakan tempat gw kerja sekarang nih..begitu singkatnya..mau tau lebih lanjut? cari aja di toko obat, apotek, ato di supermarket2 gituu pasti ada..Dan buktikan khasiatnya sendiri..(promosi bangett neh)..hehehee

Back to topic..

Nah gw beli tuh stimuno yang kapsul 2 bungkus untuk ikutan tuh kuis karena pertanyaan nya gampang-gampang dengan jawaban C semua..ikutan kuis ini sih karena gw mupeng ma hadiah utama nya yaitu HP ama kamera digital..pengenn…jadi deh iseng-iseng..taunya gw masuk dalam daftar 100 pengirim pertama..asyikk dapet box multifungsi..ini nih boxnya..

box-stimuno

 

senangnya dabisa depet box..mudah2an aja hadiah utamanya bisa dapet juga..diundinya minggu kedua november nih…doain ya teman2..hehehe