Pemadaman Kebakaran..

Kemarin (27/11), di Tempat kerjaku diadakan training Penanggulangan bahaya Kebakaran. Training ini diadakan di DLBS yang bekerjasama dengan Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi. Kantornya sih adanya di Tambun.. Yang hadir ada Pak Warsono (kepala Seksi Pencegahan) sama Pak Soewaji.

Tulisan ini dibuat sebagai informasi tambahan yang penting bagi kita semua, mengingat bahaya tidak datang dengan perencanaan. Semoga bermanfaat buat kita semua.

api

Api merupakan zat pijar yang menyala dan mengeluarkan cahaya dan panas serta dapat menghasilkan nyala, asap, dan bara.

Api bisa terjadi dengan adanya TIGA unsur berikut, yaitu: Benda yang dapat terbakar, Panas, dan Oksigen (udara).

Ketiganya biasa disebut sebagai SEGITIGA API (Fire Triangle of COMBUSTION).

jadi untuk memadamkan api kita perlu menghilangkan SATU DARI TIGA unsur tersebut.

 

 

 

Kita perlu juga mengenal kelas-kelas kebakaran. hal ini perlu diketahui agar kita bisa dengan cepat memadamkan api. AIR bukan lah jawaban yang menyelesaikan semua jenis kelas kebakaran yang terjadi.

Pengenalan Kelas-Kelas Kebakaran

Kebakaran di Indonesia dibagi menjadi tiga kelas, yaitu:

  • Kelas
    Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa dan lain-lainnya. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering.
  • Kelas
    Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan, misalnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol dan lain-lainnya. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: pasir dan Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering. Dilarang memakai air untuk jenis ini karena berat jenis air lebih berat dari pada berat jenis bahan di atas sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar kemana-mana
  • Kelas
    Kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: Alat Pemadam Kebakaran (APAR) atau racun api tepung kimia kering. Matikan dulu sumber listrik agar kita aman dalam memadamkan kebakaran

 

Nah untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran, perlu alat-alat yang bisa digunakan untuk memadamkan. Biasanya alat-alat tersebut digunakan untuk menghilangkan unsur UDARA atau juga PANAS sehingga api menjadi padam. Nah yuks kita tengok apa saja yang bisa kita gunakan untuk menolong kita saat terjadi kebakaran…

KARUNG GONI

karung-goni

Karung Goni merupkan alat tradisional yang bisa digunakan untuk memadamkan api, tapi dengan satu syarat yaitu karung goni BASAH !!

Nah cara penngunaannya juga harus benar, ujung kiri dan kana pada bagian atas karung goni dilipat dengan ibu jari dan kemudian dilipat lagi untuk melindungi tangan kita. Muka kita juga perlu dilindungi dengan karung goni basah tersebut dengan cara tidak melongok ke api yang akan dipadamkan. Tunggu sampai asap putih terbentuk yang menyatakan bahwa api di bawahnya sudah padam. Jika api ikut terbawa ke karung goni, sebisa mungkin karung goni ditekuk sehingga api berada pada bagian tekukan dan mati pada akhirnya.

fire_02Peralatan Pencegahan Kebakaran

  • APAR / Fire Extinguishers / Racun Api
    Peralatan ini merupakan peralatan reaksi cepat yang multi guna karena dapat dipakai untuk jenis kebakaran A,B dan C. Peralatan ini mempunyai berbagai ukuran beratnya, sehingga dapat ditempatkan sesuai dengan besar-kecilnya resiko kebakaran yang mungkin timbul dari daerah tersebut, misalnya tempat penimbunan bahan bakar terasa tidak rasional bila di situ kita tempatkan racun api dengan ukuran 1,2 Kg dengan jumlah satu tabung. Bahan yang ada dalam tabung pemadam api tersebut ada yang dari bahan kinia kering, foam / busa dan CO2, untuk Halon tidak diperkenankan dipakai di Indonesia.
  • Hydran
    Ada 3 jenis hydran, yaitu hydran gedung, hydran halaman dan hydran kota, sesuai namanya hydran gedung ditempatkan dalam gedung, untuk hydran halaman ditempatkan di halaman, sedangkan hydran kota biasanya ditempatkan pada beberapa titik yang memungkinkan Unit Pemadam Kebakaran suatu kota mengambil cadangan air.
  • Detektor Asap / Smoke Detector
    Peralatan yang memungkinkan secara otomatis akan memberitahukan kepada setiap orang apabila ada asap pada suatu daerah maka alat ini akan berbunyi, khusus untuk pemakaian dalam gedung.
  • Fire Alarm
    Peralatan yang dipergunakan untuk memberitahukan kepada setiap orang akan adanya bahaya kebakaran pada suatu tempat
  • Sprinkler
    Peralatan yang dipergunakan khusus dalam gedung, yang akan memancarkan air secara otomatis apabila terjadi pemanasan pada suatu suhu tertentu pada daerah di mana ada sprinkler tersebut

Pencegahan Kebakaran

Setelah kita mengetahui pengklasifikasian, prinsip pemadaman dan perlengkapan pemadaman suatu kebakaran maka kita harus bisa mengelola kesemuanya itu menjadi suatu sistem manajemen /pengelolaan pencegahan bahaya kebakaran.

Kita mengambil contoh dari pengelolaan pencegahan kebakaran pada bangunan tinggi.

  • Identifikasi bahaya yang dapat mengakibatkan kebakaran pada gedung itu.
    • Bahan Mudah Terbakar, seperti karpet, kertas, karet, dan lain-lain
    • Sumber Panas, seperti Listrik, Listrik statis, nyala api rokok dan lain-lain
  • Penilaian Resiko
    Resiko tinggi karena merupakan bangunan tinggi yang banyak orang
  • Monitoring
    Inspeksi Listrik, Inspeksi Bangunan, Inspeksi Peralatan Pemadam Kebakaran, Training, Fire Drill / Latihan Kebakaran dan lain-lain
  • Recovery / Pemulihan
    Emergency Response Plan / Rencana Tindakan Tanggap Darurat, P3K, Prosedur-Prosedur, dan lain-lain.

 

 sumber lain: http://safe.gq.nu/fire.html

Semoga ini bisa menambah informasi untuk kita semua..

— untuk hidup yang lebih baik —

One thought on “Pemadaman Kebakaran..

  1. Saya tambahkan koreksi : ada 4 kelas. Kelas ke-4 yaitu jenis kebakaran yang disebabkan oleh Logam Alkali seperti Natriuk dan Kalium. Penanggulangannya seperti pada kelas 3 (Listrik).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s