Kisah Liburan (3): Taon Baruan

Di malam pergantian tahun kemaren, setelah gw dan keluarga pulang dari ibadah di gereja sekitar jam 10-an, kita masih melanjutkan acara di rumah. Kebetulan, banyak tetangga-tetangga yang ikutan kumpul juga di rumah gw. Mereka adalah orang-orang yang sama sewaktu pergi ke Sidomba-Kuningan.
 
Malem itu diramaikan kembali dengan aneka makanan sederhana, seperti Siomay, Tahu gejrot, Krupuk sambal, Gorengan, Baso ayam, dan aneka kue kering serta makanan ringan. Oiya pas malem itu juga, kita buat jagung bakar loh..sedap deh..
 lautze212
lautze193
Pas di jam 00.00 kita semua keluar rumah untuk menyalakan kembang api dan itu membuat semarak lingkungan rumah..hehehe..anjing-anjing tetangga pada menggonggong tuh..Kembang apinya belinya pas siangnya, sayang banget tuh mahal harganya untuk yang 8 shots dihargain 17500 (malah sebelom ditawar, dia jual pake harga 25 rb, hiyy mahal amatt padahal khan tuh kembang api gede cuma modalnya 7500 dehhh)..seruu..biasanya kita ada pesta kembang api pas di gereja tapi berhubung ibadahnya dimajukan jadi jam 6 sore ya tidak ada lagi deh pesta kembang api, makanya kita berinisiatif beli sendiri..hehehe
Advertisements

Kisah Liburan (2): SiDomba

Minggu, 28 Des 08

Di hari ini, kami berencana berlibur ke daerah Kuningan. Disana terdapat sebuah tempat rekreasi baru yang diberi nama Curug Sidomba. Nama yang unik khan? dan ketebak donk dari nama itu, ada yang hendak ditonjolkan yaitu DOMBA. Yaps itu bener.. Sebelom ke sana, gw sempet liat liputan tentang Sidomba ini di acara Jelang Siang (TransTV) pas hari Natal (25/12).

lautze121

lautze107

Kami berangkat dari rumah jam 10-an setelah dari Gereja. Karena gw pergi bareng keluarga dan juga tetangga-tetangga, maka kami menyewa sebuah angkot untuk kesana. seruu..rame..penuh kelakar..gurauan..membuat kami semua rileks dan tidak stress..hehehe

Sesampainya disana, kami langsung cari tempat parkiran di atas biar ga perlu nanjak untuk melihat-lihat bagian atasnya. Kami langsung mencari tempat yang enak dan menggelar tikar deh..makan adalah agenda pertama, kita makan di bawah pohon gitu dan beralaskan tikar..Menu yang dibawa adalah menu NASI JAMBLANG.

lautze1081

Nasi jamblang adalah salah satu kuliner dari Cirebon yang berciri khas dengan adanya nasi yang dibungkus daun jati. Lauknya yang dibuat sederhana saja sih tempe goreng (ini satu keharusan buat gw, wakakaka), perkedel kentang, sambel goreng, sayur tahu, ikan asin (alias ‘panjelan’ orang cerbon bilangnya), telur dadar, masak kentang pake kelapa gitu..sedapp..apalagi selain Nasi jambalng kita juga bawa bekal berupa krupuk sambel, tahu petis, cireng ds. wah asyikk nya bisa nemu makanan makanan kesukaan gw..

Habis makan kita langsung keliling objek wisata ini, liat-liat hewan koleksi yang agak janggal, ada domba dengan tanduk 4 buah, tanduk nya 5 juga ada..ada mobil uniknya juga yang berwujud DOMBA..hehehe..ni dia hasil jepretan nya..

2812200813011

 

2812200813081

lautze116

lautze115

Sehabis puas menikmati bagian atas, kami pun turun ke bagian bawahnya, tepatnya ke Curug. Curug adalah air terjun alami. Disini kita bisa melihat banyak ikan-ikan besar dalam kolam yang langsung berada di daerah curug. Selama perjalanan mami dan 2 orang tetangga kami hanya tinggal di saung karena mereka ga kuat untuk turun ke bawah melihat curug.

lautze123

lautze126

lautze128

281220081319

lautze136

lautze137

lautze138

lautze132

lautze141

lautze143Setelah puas menikmati curug, kita naek lagi deh ke atas untuk mencoba naik mobil Domba..Mobil ini membawa pengunjung untuk mengitari kawasan sidomba yang cukup banyak tanjakan maupun turunan yang membuat kita sedikit berdebar jika mengitarinya dengan mobil kecepatan tinggi..Mobil ini menjadi salah satu ikon tempat pariwisata disini. Harga tiketnya untuk orang dewasa 4000  sedangkan untuk anak-anaknya 3500. Kami bersepuluh naik mobil ini bersamaan..hehehe seru juga sensasinya walaupun ga seperti naik banana boat ato naek wahana Halilintar di Dufan..

lautze1441

lautze1451

lautze146

lautze147

lautze148

Terakhir, sebelom kita pulang, kita sempet nyicipin kolam renang disini. Harga tiket masuknya cuma 10 ribu untuk dewasa sedangkan anak-anak hanya 7500. Kolam renangnya cukup bersih, konsep nya minimalis gituu,airnya juga bukan air panas sii..ya menyenangkan untuk sekedar refreshing dengan anak-anak..hehehe..oiya menurut kabar, kolamnya yang bangun masi sodara ma gw loh..

lautze168

lautze164

Di perjalanan pulang, tak lupa kita mampir untuk membeli oleh-oleh khas dari Kuningan yaitu tape ketan. Uniknya, tape ketan dari kuningan ini dibungkus kecil-kecil dengan daun Jambu dan dijual dalam kemasan ember gitu..ada yang berisi 80 buah ada juga yang 100 buah dalam satu ember. Harganya untuk yang 100 buah (plus embernya) cuma Rp. 41.000,- setelah ditawar dari yang semula Rp. 45000. Alhasil, kita membeli satu ember saja deh..Oleh-oleh yang lain yang biasa dijumpai sepanjang jalan adalah jagung bakar dan durian..

lautze174

lautze176

lautze175

Demikian kisah liburan ke Curug Sidomba, jika teman-teman tertarik bisa langsung mendatanginya yaa..letaknya tidak jauh dari situs Linggarjati, belok ke arah kiri pas depan Hotel Ayong Kuningan.

Kisah Liburan (1)

Kamis, 25 Des 08
Pas Hari Natal ini, cici gw juga dateng dari Bandung..sore hari kita sekeluarga menghadiri kebaktian Natal di gereja GPdI Jamblang. Karena cici gw datengnya dah sore juga dan persiapannya agak lama juga jadi deh kita ampir ga kebagian tempat duduk..gw ma cici duduk di bangku yang agak belakang sedangkan papi n mami gw duduk lebih ke tengah..Ibadah Natal kali ini ada secuplik drama dan sepenggal cerita yang mengisahkan bahwa dalam setiap keadaan buruk Tuhan masih sanggup mengubahkan kita. Drama pendek ini dimainkan oleh Youth community dari GPdI. Sehabis ibadah ada acara makan-makan bersama juga tapi berhubung ngantri nya panjang kami sekeluarga pulang deh tanpa makan..hehehe
 
Jumat, 26 Des 08
Di hari ini, gw mencoba membuat yang namanya puding karamel.dengan bekal pengajaran dari sms bu Deasy (temen kerja gw) akhirnya gw mencobanya. Bahannya sih simple cuma aer, susu cair, tepung custard, gula pasir, n kuning telur.
Berikut petikan sms dari bu Deasy:
 
“Buat karamel dulu, 1 ons gula dipanasin sampe gosong trus ditambah air panas 1/4 gelas, aduk cepat hati2, tuang ke loyang dan diamkan. Kalo puding gula 1/4 + tepung custard 2 sdm + susu cair, aduk pelan-pelan jangan sampe pecah, pake api kecil, tambahin 5 kuning telur yang udah dikocok lepas setelah susu mendidih. Kocok cepat, saring dan masukin ke atas karamel di dalam loyang. Kemudian kukus dengan tutup diberi lap biar ga netes airnya ato di-oven di loyang yang diberi air seperti buat tim selama 20 menit api sedang. Udah gitu, tunggu sampe dingin deh. Semoga sukses”
 
Nah karena baru kali ini gw mau coba lagi bikin tuh puding makanya gw coba setengah resep dulu..alhasil karamelnya sih bagus tuh..tapi pudingnya ga bisa keras..rasanya juga manis banget sii..akhirnya gw bungkus pake plastik es dan gw masukin ke freezer jadi es deh..Next tima akan gw coba lagi pokoknya sampe gw bisa buatnya !!
 
Sabtu, 27 Des 08
Walopun gagal membuat puding karamel, antusias bikin kue masi tetep ada. Di hari ini gw buat cake dasar untuk bikin Blackforest..Karena gw ga punya krim ma cerry or berry makanya gw cuma mau buat cakenya aja deh..Resepnya gw dapet dari temen gw yang kerja di salah satu retail bagian Bakery nya. Simple sih bahan dan cara buatnya, begini nih:
 
Bahannya:
6 telur ayam, gw pakenya telor ayam bukan telor bebek ot telor dadar 😛 
200 gram tepung terigu (gw pake Segitiga biru),
250 gram butter or margarin (gw pake pake Blue Band, kalo bisa yang asin)
50 gram cokelat bubuk (gw pake van Houten)
250 gram gula (gw pake gula pasir, katanya bagusan pake gula palem ato campurannya)
1 sdt baking powder
 
Cara buatnya:
Pertama, gula dan telurnya dikocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan rata tercampur.
Untuk tepung, cokelat bubuk, dan baking powder dicampur dan kemudian diayak biar halus.
Margarin dilelehkan.
Setelah mengembang, adonan diberi campuran tepung sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk perlahan hingga rata.
Tambahkan margarin cair tadi trus aduk rata aja pake spatula.
Masukin deh ke loyang yang dah diolesin ma mentega n tepung..
Bakar sekitar 30 menit dalam oven berapi sedang..
jadi deh..
 
dan ini hasilnya..
kue-2
kata yang kasi resep si dah bagus tinggal tahapan periasan menjadi blackforestnya..Tar  ah kapan2 gw buat lagi sampe jadi bikin blackforest nya..

Kisah menjelang Liburan

Rabu, 24 Des 08
Hari terakhir kerja di taon 2008 kemaren ini lumayan menegangkan..Gimana ngga, di hari terakhir itu justru ada kunjungan dari big boss perusahaan gw beserta anak cucunya gitu..dan kado spesialnya pula, gw dapet jatah suruh PRESENTASI tentang kerjaan Lab gw..
Sontak aja keteteran, secara gw ga ada persiapan dan tanpa tedeng aling-aling langsung didaulat gituu..ya tapi lumayan lah lancar sekalian melatih presentasi gw in english..wakkaka
Di hari itu, untungnya mereka pada pulang cepat. Sebelom makan siang, mereka sudah memutuskan cabut dari DLBS. So, gw bisa pulang cepet juga deh..
sheep
Perjalanan untuk berlibur ke tanah kelahiran pun dimulai…