Kisah Liburan (1)

Kamis, 25 Des 08
Pas Hari Natal ini, cici gw juga dateng dari Bandung..sore hari kita sekeluarga menghadiri kebaktian Natal di gereja GPdI Jamblang. Karena cici gw datengnya dah sore juga dan persiapannya agak lama juga jadi deh kita ampir ga kebagian tempat duduk..gw ma cici duduk di bangku yang agak belakang sedangkan papi n mami gw duduk lebih ke tengah..Ibadah Natal kali ini ada secuplik drama dan sepenggal cerita yang mengisahkan bahwa dalam setiap keadaan buruk Tuhan masih sanggup mengubahkan kita. Drama pendek ini dimainkan oleh Youth community dari GPdI. Sehabis ibadah ada acara makan-makan bersama juga tapi berhubung ngantri nya panjang kami sekeluarga pulang deh tanpa makan..hehehe
 
Jumat, 26 Des 08
Di hari ini, gw mencoba membuat yang namanya puding karamel.dengan bekal pengajaran dari sms bu Deasy (temen kerja gw) akhirnya gw mencobanya. Bahannya sih simple cuma aer, susu cair, tepung custard, gula pasir, n kuning telur.
Berikut petikan sms dari bu Deasy:
 
“Buat karamel dulu, 1 ons gula dipanasin sampe gosong trus ditambah air panas 1/4 gelas, aduk cepat hati2, tuang ke loyang dan diamkan. Kalo puding gula 1/4 + tepung custard 2 sdm + susu cair, aduk pelan-pelan jangan sampe pecah, pake api kecil, tambahin 5 kuning telur yang udah dikocok lepas setelah susu mendidih. Kocok cepat, saring dan masukin ke atas karamel di dalam loyang. Kemudian kukus dengan tutup diberi lap biar ga netes airnya ato di-oven di loyang yang diberi air seperti buat tim selama 20 menit api sedang. Udah gitu, tunggu sampe dingin deh. Semoga sukses”
 
Nah karena baru kali ini gw mau coba lagi bikin tuh puding makanya gw coba setengah resep dulu..alhasil karamelnya sih bagus tuh..tapi pudingnya ga bisa keras..rasanya juga manis banget sii..akhirnya gw bungkus pake plastik es dan gw masukin ke freezer jadi es deh..Next tima akan gw coba lagi pokoknya sampe gw bisa buatnya !!
 
Sabtu, 27 Des 08
Walopun gagal membuat puding karamel, antusias bikin kue masi tetep ada. Di hari ini gw buat cake dasar untuk bikin Blackforest..Karena gw ga punya krim ma cerry or berry makanya gw cuma mau buat cakenya aja deh..Resepnya gw dapet dari temen gw yang kerja di salah satu retail bagian Bakery nya. Simple sih bahan dan cara buatnya, begini nih:
 
Bahannya:
6 telur ayam, gw pakenya telor ayam bukan telor bebek ot telor dadar :P 
200 gram tepung terigu (gw pake Segitiga biru),
250 gram butter or margarin (gw pake pake Blue Band, kalo bisa yang asin)
50 gram cokelat bubuk (gw pake van Houten)
250 gram gula (gw pake gula pasir, katanya bagusan pake gula palem ato campurannya)
1 sdt baking powder
 
Cara buatnya:
Pertama, gula dan telurnya dikocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan rata tercampur.
Untuk tepung, cokelat bubuk, dan baking powder dicampur dan kemudian diayak biar halus.
Margarin dilelehkan.
Setelah mengembang, adonan diberi campuran tepung sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk perlahan hingga rata.
Tambahkan margarin cair tadi trus aduk rata aja pake spatula.
Masukin deh ke loyang yang dah diolesin ma mentega n tepung..
Bakar sekitar 30 menit dalam oven berapi sedang..
jadi deh..
 
dan ini hasilnya..
kue-2
kata yang kasi resep si dah bagus tinggal tahapan periasan menjadi blackforestnya..Tar  ah kapan2 gw buat lagi sampe jadi bikin blackforest nya..

6 thoughts on “Kisah Liburan (1)

  1. hahahahaha….maafkan daku Ren,
    salah kasi resep…hi3 telurnya kurang 100ml itu 1 telur ternyata…he3,
    kapan2 dicoba lg ya, di kosan aja…sow klo enak bagi2, klo kagak enak buat lu aja or si manis kali mau ya😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s