Imlek : Momen Berbagi Kasih

imlekImlek atau Sin Tjia adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh para petani di China yang biasanya jatuh pada tanggal satu di bulan pertama di awal tahun baru. Perayaan ini juga berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi. Biasanya di hari raya imlek ini para petani menaikan doa mereka kepada Tuhan sebagai wujud syukur dan doa harapan agar tahun depan mendapat rejeki lebih banyak dan biasanya mereka juga menjamu para leluhur mereka. Yang tidak ketinggalan juga biasanya mereka menggunakan momen ini sebagai sarana silaturahmi dengan keluarga, kerabat dan tetangga.

Pada perayaan tahun baru Imlek, orang-orang Tionghoa bertingkah laku dengan cara yang berlainan dari biasanya. Rumah dibersihkan, orang menghias diri dengan pakaian yang baru, menyediakan makanan yang enak. Dan biasanya pada malam sebelum tahun baru, seluruh anggota keluarga harus kumpul bersama dan makan malam sekeluarga. Kesemuanya itu diartikan datangnya tahun baru mengubah segalanya menjadi baru. Tradisi imlek ini hampir dirayakan oleh seluruh pelosok dunia dimana terdapat orang China, keturunan China atau pecinan, tidak terkecuali juga di Indonesia.

Pada dasarnya Imlek adalah sebuah perayaan tahun baru dan merupakan momen pertemuan seluruh anggota keluarga sekali dalam setahun. Anggota keluarga akan bersilahturahmi, saling berbagi dan memberikan pengalaman mereka. Perayaan ini menjadi sangat berarti tatkala setiap anggota keluarga, kerabat dan tetangga saling berbagi kasih..

Happy Chinese New Year !!

One thought on “Imlek : Momen Berbagi Kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s