Polemik Puyer

puyerAkhir-akhir ini tengah mengemuka topik tentang polemik puyer. Berikut kutipan dari Kompas :

Puyer atau obat racikan aman dikonsumsi masyarakat asalkan dibuat dengan cara yang baik dan benar. Selain sebagai pilihan dalam pemberian obat, pemberian resep obat dalam bentuk puyer juga menjadi bagian dari rangkaian praktik kedokteran.Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Sukman T Putra, Selasa (24/2) dalam jumpa pers di Jakarta, menanggapi polemik seputar pemberian obat puyer dalam praktik kedokteran di Indonesia yang diduga sejumlah pihak mengandung obat tidak rasional.

”Bantahan atau pembenaran terhadap banyak hal terkait praktik kedokteran yang berlaku secara universal saat ini harus berdasarkan bukti, bukan pendapat umum dan pribadi,” ujarnya.

Sejumlah kasus dugaan pemberian obat puyer yang tidak dilakukan dengan baik dan mengandung obat tak rasional dapat diselesaikan sesuai masalahnya dan bisa dilaporkan kepada pihak berwenang. ”Kami akan mengkaji masalah ini,” kata Sukman.

Menurut keterangan PB IDI, pemberian resep obat dalam bentuk puyer atau racikan oleh dokter adalah bagian dari rangkaian praktik kedokteran. Jadi, dokter pada dasarnya memahami dan bertanggung jawab penuh terhadap semua jenis obat yang diresepkan kepada pasien.

”Obat yang diracik tidak ada masalah sepanjang dibuat dengan cara baik dan benar, higienis, serta komposisi dan jenis obat rasional,” kata Sukman. Dalam kurikulum pendidikan di fakultas kedokteran, para calon dokter diberikan ilmu kefarmasian tentang meracik obat.

Jadi, obat yang diberikan dalam bentuk puyer oleh dokter terhadap pasiennya tidak bertentangan dengan profesionalisme dokter dalam menjalankan tugasnya. ”Semua dokter hendaknya selalu berkomunikasi dengan baik, khususnya pemberian obat pada pasien,” ujarnya.

Sejauh ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak pernah melarang pemberian resep obat dalam bentuk racikan. Kebijakan suatu negara mengenai penggunaan obat juga tergantung dari kondisi di negara bersangkutan, tidak sepenuhnya tergantung dari kebijakan WHO.

Dosis lebih tepat

Di Indonesia, obat puyer masih banyak digunakan dalam praktik kedokteran karena tidak semua obat tersedia dalam bentuk jadi. ”Dosis obat untuk anak berdasarkan berat badan sehingga lebih mudah menyesuaikan dosis obat dengan berat badan anak bila dalam bentuk puyer daripada sirup,” ujar Sukman.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Soedjatmiko, menambahkan, obat jadi seperti sirup lebih mahal daripada puyer meski isinya sama, tidak bisa dibeli sebagian, sehingga memberatkan keluarga berpenghasilan rendah.

Dalam satu puyer bisa dicampur beberapa jenis obat yang harus diminum bersamaan, misalnya obat penurun panas dan antikejang. Jadi, dengan dengan sekali minum dua jenis obat sekaligus masuk atau lebih praktis dibandingkan dengan obat sirup.

Ketua Yayasan Pemberdayaan Konsumen Kesehatan Indonesia Marius Widjajarta menjelaskan, pemberian obat dalam bentuk racikan tidak masalah asalkan sesuai prosedur.

 KOMPAS, Rabu, 25 Februari 2009, hal. 12, judul “Obat Puyer Aman Dikonsumsi, Pembuatan Harus Sesuai Prosedur”.

Advertisements

Bagai Rajawali

This song for you..

BAGAI RAJAWALI
G=Do

             G                            C
HANYA KEPADA-NYA KU ‘KAN BERLARI
         G                              C
DI SAAT KU BIMBANG DALAM HIDUPKU
             Em                              C
YANG AKU PERCAYA DALAM HADIRAT-NYA
        Am                                    D
ADA KEKUATAN YANG BARU

              G                  G/B      C                D
WALAU KU MELANGKAH DALAM TEKANAN
              G           G/B       C                       D
BADAI PENCOBAAN DATANG MENGHADANG
             Em                              C
YANG AKU PERCAYA DALAM HADIRAT-NYA
        Am                                   D
ADA KEKUATAN YANG BARU

REFF :
               G                   D/F#         Em         D
KU KAN TERBANG TINGGI BAGAI RAJAWALI
         C            G/B             Am                   D
DI ATAS SEGALA PERSOALAN HIDUPKU
           G               B                 Em                   D
DAN AKU PERCAYA SAAT KU BERSAMA DIA
              C                  D            G
TIADA YANG MUSTAHIL BAGI DIA

-Frangky Sihombing-

-SLUMDOG MILLIONAIRE-

Rabu sore kemaren (25/2), gw menyempatkan diri nonton DVD hasil pinjeman dari temen gw. BIasanya, gw tidak bisa nonton sampai selesai jika lewat TV. Tapi kali ini, gw nonton film “Slumdog Millionaire

slumdog_millionaire

Film ini garapan sutradara Inggris bernama Danny Boyle namun menyuguhkan kisah yang bernuansakan Bollywood (India). FIlmnya keren loh, ga salah bisa dapet 8 kategori Oscar..Hebat-Hebat..

Beberapa hal yang terkesan dari film ini adalah

slum-dog-millionaire

Saat Jamil Malik kecil yang begitu terobsesinya untuk melihat dan mendapatkan tanda tangan dari aktor pujaannya Amitabh Bachan rela menjebloskan dirinya di bawah tumpukan kotoran manusia di jamban.. Sungguh pengorbanan yang setimpal karena ia dapat tanda tangan tuh aktor walau akhirnya dijual oleh temannya…(tapi terlalu berlebihan juga kalii yaa demi tokoh idola doank, heheehe)

Film ini beralur maju-mundur, singkatnya sih filmnya tuh tentang seorang pemuda yang ikutan kuis “Who wants to be a millionaire” yang mendapat pertanyaan demi pertanyaan hingga sampai pada jumlah uang 20 juta rupee. Nah, uniknya, setiap pertanyaan dijawab dengan penjelasan latar belakang dari petualangan dan pengalamannya di masa kecil.

Intrik yang terjadi dibangun sangat apik dan menyuguhkan tontonan yang tidak garing maupun monoton. Intrik yang dihadapi juga bisa ditemukan di masyarakat umum pada jaman ini seperti eksploitasi anak dalam berbagai bentuk, di film ini misalnya ada eksploitasi anak sebagai pengamen, maupun untuk diambil matanya, dan dipekerjakan sebagai penghibur.

Berbagai pengalaman unik pun telah dilalui oleh Jamal dan Salim seperti jadi pemandu wisata yang menjelaskan tentang sejarah dan keindahan Taj Mahal, jadi tukang semir sepatu, dan juga jadi tukang foto.

Harapan, itulah kata kunci yang bisa diambil dari film ini. Selalu ada harapan bagi kita semua..

Nice story..

th_thumbup

Senin Kelabu : Tiada Listrik Gazeboo ramai dikunjungi

Untuk hari ini, gw tidak terlalu bersemangat menceritakan tentang weekend..Satu-satunya hal yang akan gw ulas adalah tentang kejadian yang menghiasi (caeellaaa..) hari Senin (23/2) tepatnya hari ini.

Gw dateng ke kantor jam setengah delapan, setelah menggesek kartu absen, gw dipanggil Fani dari Kantin dengan lambaian tangannya..Trus ternyata dia bilang ada kejadian di lantai atas..kejadian yang cukup bisa dibilang tidak bakal diduga..Apa itu? Atap bagian office jeboll..Hah? koq jebol? masa sii? masih dengan nada ketidakpercayaan, gw dikasi liat foto dari kamera digital yang fani baru ambil..Gilee bener-bener jebol tuh atap. .Gw naek ke atas dan benar saja, atap tepat di bagian atas tempat duduk Jessica terlihat sudah bolong dengan tetesan-tetesan air yang tersisa serta ruangan yang sudah tergenang aer..nampak Adis (OB) sedang membersihkan dan mengangkat beberapa barang-barang di lantai.

Koq bisa ya untuk ukuran gedung baru yang belom lama diresmikan ini bisa kejadian begini…Humm sungguh tidak diduga dan disangka, kejadian yang tak bakal diperkirakan apalagi oleh bu Jess (ya ga bu? lo mimpi apa semalem di Bandung? hehehe)

Tak pelak, sedikit mengalami gangguan karena aer yang cukup banyak membasahi daerah office..dan kali ini yang kebagian jatah adalah para OB dan bagian teknik yang turut membersihkan dan membuat office dapat segera ditempati untuk aktivitas seperti biasa. Usaha yang cukup padat di pagi hari Senin ini. Oiya ini foto atap jebolnya guys..

lautze367

Kejadian yang lain yang tidak disangka adalah LISTRIK nya matiii.. (Oh No !! seperti ucapan Ibu Dina Rahmi) gw lagi percobaan nih di Lab, eh tau-tau listriknya mati gitu secara tiba-tiba..Alhasil gw ga bisa melanjutkan eksperimen gw lah..So? kita berkumpul dan akhirnya menuju ke kantin untuk mencari aktivitas yang bisa dilakukan, yaitu: M – A – K – A – N

hahahaha

Yups, jam 10.50, kantin sudah diramaikan orang-orang yang memang ga bisa ngerjain apapun, Oiya bersamaan dengan jebolnya tuh atap, untuk sementara air di semua kran terpaksa dimatikan hingga jam 14.00 So bisa dibayangkan donk suasananya kayak apa? gelap ga ada aer..hahaha Primitif bangettt

Akhirnya setelah makan, gw ma beberapa temen keluar untuk sekedar melihat-lihat dan menikmati angin, kita duduk-duduk di gazeboo yang ada di belakang gedung. Alhasil ini dia foto-foto nya..hehehe, ada satu hal yang bisa diambil kesimpulan: Ga ada Listrik Gazeboo pun jadi 😛

lautze369

Oiya, di gazeboo juga bisa dijadiin tempat berekspresi dan mengungkapkan kegelisahan hati, seperti yang dialami ma temen-temen gw ini, Vero dan Deasy yang kayaknya lagi musuhan gituu (versi termehek-mehek ato versi reality show apaan yak?? hehehe)

lautze368

Setelah marahan selesai, tinggallah suasana keakraban, penuh canda tawa di gazeboo itu..

lautze370

lautze371

Tapi, ada satu kejanggalan lagi ni..setelah beberapa kejadian tak terduga, eh kita melihat tingkah aneh juga dari temen gw yang namanya Fani..ini nih keanehan dia:

lautze373

Pose yang aneh bukan?? Yupzz ga benget khan?? apalagi yang satu ini, koq dia cemberut sama taneman-taneman yang tanpa salah dan dosa..

lautze372

Dan satu yang ga bisa dipungkiri adalah: Gazeboo merupakan tempat untuk ber-Narciss ria..wakakak..Liat aja mereka yang sibuk foto-foto tapi entah pake handphone siapa..ada-ada ajahh

lautze374

iihh, koq Fani mengeluarkan tanduk yaa?? apa kebanyakan kena blitz foto yaa? wah jangan-jangan bener tuhhh.. Yang laen juga kayaknya ga mau kalah nih mau eksis poto-poto muluuu

lautze376

lautze377

lautze378

Bahkan, ekspresi kekanak-kanakan pun ga kalah terekspose oleh kamera handphone gw..Betapa tidak disangka begitu mudahnya melupakan banyak kejadian kelam di hari ini, Cha-Cha (bukan nama sebenarnya -Red.) dan Budi (nama samaran -Red.) melakukan permainan layaknya anak kecil yang sedang bermain bebas di pelataran rumah, liat saja gaya mereka..polos..lugu namun MEMALUKAN (maaf, saya harus berkata jujur walaupun menyakitkan hati kalian..wakakakaka). Ini dia fotonya:

lautze379

Pesan Moral yang bisa kita ambil: Gazebo ada baiknya sering dikunjungi agar kejanggalan-kejanggalan dapat diminimalisir..wakkaka (Pesan moral yang ga bermoral )

pisssss