Be Careful sama Carrefour

Hanya ingin menyampaikan unek-unek yang eneq ini:

Kejadian ini berlangsung pas hari Senin (16/2), gw dengan cukup antusias ingin menuju sebuah hypermarket yang katanya dapat nominasi Hypermarket terbesar di Indonesia dengan nama CARREFOUR.

carrefour_logo

Berdasarkan katalog baik yang tercetak maupun yang ada di situsnya, Tertulis bahwa pada tanggal 15-16 Februari 2009 ada promo berupa Diskon 50% untuk semua pakaian dalam pria. Nah, karena pas hari minggu (15/2) -sehari sebelumnya- saya sudah mencari di Carrefour MT Haryono namun tidak dapet ukuran yang diinginkan maka senin kemarin saya coba untuk hunting ke carrefour cikarang. Dengan satu harapan yang sama akan dapat item yang diinginkan dan dapet promo diskon 50% itu. Lumayan khan untuk kaos dalam jadi cuma 13ribuan..

Setelah belanja dan pulang kembali ke kos, saya terkejut saat liat struk belanjanya. Koq untuk harga kaos dalam yang saya beli masih harga belum diskon yaitu Rp. 27.900,- Karena saya punya teman yang bekerja di Carrefour MT Haryono, saya langsung menanyakan ke dia dan kebetulan dia sedang MOD (Manager on Duty) dan dia bilang itu masuk dalam item diskon 50% harga sebelum diskon adalah Rp. 27.900,- Trus dia menyarankan untuk komplain ke bagian Informasi di Carrefour. Karena uangnya lumayan dan patut untuk dikomplain maka saya kembali lagi ke sana. Oiya, Kejadian untuk item kena diskon atau harga beda di katalog juga pernah saya alami sebelumnya, tapi karena harganya beda cuma seribu rupiah saya tidak lakukan komplain. Nah, untuk kasus ini, saya tentu merasa sangat kesal karena selain saya harus balik lagi, saya juga harus membuang energi untuk komplain.

Sesampainya di Carrefour Cikarang, bagian informasi, tempat stempel, dan tempat penitipan barang hanya dijaga oleh SATU orang wanita. (Coba bayangkan !!! banyak customer yang mengantri untuk ambil barang yang mereka titipkan, ada juga yang minta stempel dan termasuk saya yang ingin komplain). Alhasil, saya ditanya juga setelah sekian waktu menunggu. Saya langsung kasih katalog Carrefour edisi terbaru yang memuat jenis-jenis item yang didiskon dalam periode tanggal tertentu. Ini dia periode diskonnya.

c4

Langsung di paging-lah staf bagian tekstil. Nah setelah di-paging beberapa kali baru nongol lah staf nya. Hugh, pelayanan macam apakah ini!!! Customer kurang diperhatikan. Payahhh!!! Dan si staf tekstil itu menanyakan apa yang saya komplainkan. Saya jelaskan panjang lebar mengenai diskon 50% untuk kaos dalam pria yang TIDAK dikenakan pada item yang saya beli.

Sang Staf menjelaskan kalau kaos yang saya beli itu masuk item promo jadi tidak dapat diskon. Padahal, jelas-jelas sewaktu hari minggu (15/2), saya beli item yang sama merek yang sama di Carrefour MT Haryono dan harganya diskon 50%. Dengan nada yang tinggi, saya katakan kalau begitu Cikarng buat katalog sendiri aja kalo emang beda. Di Internet dibilang kalau katalog berlaku se-Pulau Jawa, namun cikarang koq tidak dapet diskon 50% yaa? Aneh, apa Cikarang sudah dianggap bukan Jawa ya sama tuh Carrefour ???

Dan akhirnya, karena si staf tetep kekeuh kalau item itu tidak dapat diskon, saya membatalkan pembelian barang tersebut. Uang saya dikembalikan, dan terakhir sebelum pulang saya tanyakan “Mana formulir komplain?” dan saya langsung tulis di form tersebut. Ada bagian Pujian saya langsung CORET besar-besar dan bilang tidak ada yang bisa dipuji. Pada bagian komplain, saya tulis semua dengan huruf-huruf kapital dan banyak tanda seru, kurang lebih begini tulisannya:

Kalau emang ga NIAT promosi ga usah ikutan promosi !!! kalau emang cikarang tidak mengikuti promosi yang ada di katalog buat donk katalog khusus untuk Carrefour Cikarang, modal dikit napa!!! Customer itu butuh KEJELASAN bukan dibuat BINGUNG !!! TOLONG ditindak lanjuti !!!!

Oiya, untuk teman-teman yang mau komplain bisa juga dituliskan melalui situsnya Carrefour nih..Jangan segan untuk komplain kalau memang kita dirugikan!!

13 thoughts on “Be Careful sama Carrefour

  1. hehehe..Kesabaranku sudah di ambang batas tuh..jadi dah marah-marah juga wi ke Informasi nya Carrefour..ada yg gw beli koq kemaren selaen shampoo..dan tadi barusan gw ditelepon sama orang Customer service dari Carrefour..Gw berhasil bikin Carrefour gempar๐Ÿ™‚

  2. wah tuh customer service blg apa ren? wakkaka..heboh bener ren…gud2, kalo perlu lo masukin aja ke kompas..wakkaka. nyebelin seh emang, jd serasa ditipu gt yaa..
    gw jg pnah tuh kej ga enak ma carefour, gw beli jusnya gt (yg fresh buatan carefour) , eh taunya dah basi dunk..gw balik lg ke tuh carefour…n dia cm minta maap ala kadarnya n diganti duit seharga jus gw itu (jd duit gw diplgin , pdhl murah , cm 4-5rb-an gt)..udah gt duank…pdhl kan gw dah dirugikan minum jus basi!! kalo gw knp2 gmn coba, untung pencernaan gw lg bgs tuh!
    its not about the money gt lho! tp soal kepuasan customer..*halah

    -rina cantiquez-

  3. hehehe..iya tadinya gw berencana masukin ke KOMPAS..cuma untungnya bagian customer service Carrefour nya dah telepon di pagi hari berikutnya, jadi gw mengurungkan niatnya..dah ada niat baik kenapa harus diperpanjang..hehehe

    itu ajah,

    -lau-

  4. hmm kalo gw punya pengalaman beda tuh… hari jumat tgl 10 Juli kemaren gw beli maenan yng lagi special price harga 17.900 tapi pas sampe rumah n barang dah di bonkar ama bocah2 gw cek harganya ternyata jadi 44 reboo!! bujug! trus singkat cerita hari senin nya tgl 13 gw balik ke sono (carrefour blok m square) komplain.. eh alhmdllah gak sampe 15 menit sisa uang gw balik..๐Ÿ™‚

    eh apa ini jangan2 gara2 tulisan ente yak.. makanye jadi jempol dah servicenye kemaren..๐Ÿ˜›

    bisa jadi juga siihh.. hehehe

  5. Tanggal 20 okt 2009 jam 7 malem saya belanja di carrefour BG JUNCTION Jl.Balauran Surabaya,saya membeli 1 unit lemari plastik(container)Merk “HARIONETTE JUNGLE” DI display di bandrol dengan harga Rp.199.000,Tapi setelah saya mau bayar ke kasir ternyata harganya berubah menjadi Rp.234.900 saya tanyakan ke kasirnya kenapa kok bisa beda harganya dan lebih mahal? trus sang kasir menjawab oke pak saya cek dulu,selang beberapa lama sang kasir kembali ke saya dan berkata” maaf pak itu salah pasang harga,tapi bapak tetap bayar 234.900 dulu nanti d potong 199.000 sisanya yang 35.900 bapak ambil di tempat informasi,trus oke saya setuju,setelah saya datang ke tempat informasi,orang informasi bilang itu harganya yang banar 234.900 yang di display salah cantumkan harga,saya bilang wah kalao gini caranya Konsumen / pelanggan merasa di tipu dong.Trus solusinya gimana??ech engak di jawab malah orang informasi diam dan meninggalakan saya begitu saja,saya marah tapi saya sudah di tunggu istri di mobil,akhirnya saya biarkan saja dan saya pulang dengan membawa kekecewaan dari carrefour,mohon masalah ini di perhatikan olah management carrefour saya minta di tindak lanjuti,jangan sampai terulang pada konsumen yanng lainya.Trimaksih Herry Gusmara 081330902238 atau hgumara@yahoo.com

    Ya begitu laahh๐Ÿ™‚ Perlu banyak pembenahan menurut gw (Lau)

  6. iya tuch…..kemarin, 28/11/09, di carrefour central park, barang yang gw beli di buat maenan sm slah satu kasirnya, pdhl dah di scan u/ harga rice cooker 1 barang, eh barcodenya di scan lagi sm dia, trus temennya ksih tau, barcodenya jgn di taruh situ, eh malah di praktekin lg jd tuh kasir scan 4 kali pdhl gw cm beli 1 barang, trus lagi gw beli sabun colek , kata dia barcodenya kelipat, ga bs scan, n di input manual, jdi gw ga bs beli tuh barang, bukannya usaha cariin barang yang laen yang bs di scan malah ga ad tindakannya, berhubung ad spv kasir mau void transaksi gw tadi, skalian aj gw sindir kasirnya, akhirnya tuh spv bs input manual sabun coleknya, mang dasar kasirnya aj tuh yang geblek….

  7. mungkin pelayanan carrefour blm maksimal di mata sebagian masyarakat, yach….harap dimaklumin aja…..karena setiap manusia ga ada yang sempurna, kesempurnaan itu hanya milik tuhan. Cuma gw salut sama carrefour central park, dia toko baru, tapi klo di banding sama carrefour lainnya, dia sangat berbeda, dia berani ksh harga promo, pdhl carrefour lainnya sedang tidak ada promo, tapi input utk carrefour central park, klo ada promo, stok barangnya jgn tanggung-tanggung, coz gw pernah ga kebagian…..maju terus carrefour central park, tapi jgn lupa tetap tampung input dari konsumen, spy tetap di doakan konsumen ………ok, thanx……

  8. buat saudara2ku teliti dulu sebelum belanja jgn tergiur sama iklan yg meng atas namakan paserba alias pasar serba ada keberadaan paserba itu sama aja memutus mata rantai ekonomi tradisional dan budaya serta adat dan adab bagi masyarakat indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s