Engkong.. Selamat Jalan

Baru sempet nulis lagi nih..setelah kemaren libur panjang dan banyak kejadian yang begitu mendadak terjadi.. Pfuighh..
 
Jumat, 3 April 09
 
Pas siang hari, mami gw sms dengan isi: “Yus, Engkong sudah ga bisa apa-apa lagi dan badannya dah dingin.” (Yus adalah panggilan sayang gw di rumah, Engkong adalah kakek dari papi gw -Red.)
Gak taunya tepat jam 17.30 (saat gw di bis dan sudah masuk pintu tol Cikarang Barat hendak menuju ke Jakarta), gw dapet sms lagi dari mami: “Yus, Engkong sudah meninggal dunia..”
So pasti gw harus pulang ke Cirebon..dan saat itu gw langsung membatalkan acara di hari Minggu buat kumpul-kumpul ma temen-temen gw di Pasific Place..dan gw juga ga mungkin berangkat langsung di hari Jumat..Otomatis gw akan pulang di hari Sabtu dan gw janjian ma cici gw berangkat bareng dari Bandung menuju ke Cirebon.
 
Sabtu, 4 April 09
 
Setelah dapet kabar bahwa Engkong gw dikubur hari Senin maka gw berfikir kalau gw pasti akan lanjut sampe liburan Pemilu dan Paskah..Gw berangkat pagi-pagi dari Jakarta menuju ke Cikarang dulu untuk ambil barang-barang yang emang mau gw bawa balik pas libur paskah..Nyampe di kos gw langsung beres-beres dan cabut ke Bandung naek bis Prima Jasa jam 09.00. Gw ketemuan ma cici di Istana Plaza dan langsung menuju ke terminal Cicaheum buat naek bis..Kita berdua berangkat naek bis jam 14.30 dan alhasil nyampe Cirebon (Jamblang, tepatnya) jam 18.00..dan Kami tidak sempet menyaksikan Upacara penutupan peti jenazah karena diselenggarakan jam 3 sore waktu itu..Kami berdua istirahat dulu deh..
 
Minggu, 5 April 09
 
Sodara-sodar dari mami gw pada kumpul dateng di rumah dan kami sama-sama menuju ke rumah duka yang terletak tidak jauh dari rumah gw.. rumah duka nya ini adalah hasil perhimpunan orang-orang tionghoa di situ dan sudah ada sejak lama..namanya DSB alias Dana Setia Bhakti.. dan gw liat disana di papan tulis yang sudah tua itu tercantum nama kakek gw “Sim Hong Lim” dengan usia 93 tahun dan akan dikebumikan di Serang pada Senin, 6 April 2009 pukul 10.00.
 
papan-dsb
 
Dan gw liat peti yang sudah ditutup dan diberi bunga di atasnya..Engkong selamat jalan..pada hari Minggu ini juga ada kebaktian penghiburan yang diadakan pada malam harinya..
 
engkong-in-memoriam
 
Senin, 6 April 09
 
Hari pemakaman pun tiba..Banyak juga yang dateng mengiring perjalanan ke ladang pekuburan..dan ternyata engkong dikebumikan berdekatan dengan Oma (nenek dari mami gw) ni dia kuburan Oma gw..
 
kuburan-oma
 
Setelah upacara yang dipimpin pendtea Benny Makarawung (GPdI), selesai sudah acara pemakaman itu..dan kami melepas sang Ayah, Engkong kami tercinta untuk mendapat upah yang besar di Surga dari Bapa dan Tuhan kita Yesus Kristus..Amin
 
pemakaman-engkong

3 thoughts on “Engkong.. Selamat Jalan

Leave a Reply

