Complain again

hari ini gw kembali melayangkan kekesalan gw dengan meng-complain carrefour. Pfuigh.. again, kejadian dan kekesalan ini kali ini terjadi di carrefour express Cikarang, (sebelumnya gw pernah kesal juga dengan carrefour Cikarang). Dan malam ini, sebelum gw nulis posting blog ini gw baru saja melayangkan keluhan tsb pada website perusahaan tsb. Ini dia (semoga bisa jadi pembelajaran buat semua pihak, amin).

c4expressSore ini (26/10), saya berniat membeli beberapa item barang kebutuhan sehari-hari dan saya memilih ke carrefour express ytang ada di plasa Jababeka, Cikarang.
Karena lokasi ini dekat dengan kos saya. Sesampainya di carrefour ini saya mendengarkan promosi ada beberapa promo item buah yang special price, salah satunya adalah salak pondoh.
Saya pun menuju ke tempat salak tersebut dan memilih salak untuk membelinya. Tak disangka ternyata promosi yang digembar-gembor kan dari bagian informasi tidak begitu sinkron dengan pelayanan nya. Mengapa saya katakan begini? Karena jelas-jelas sampai cukup lama saya menunggu staff di bagian timbang, tidak ada satupun orang yang bertugas disana.
Dan, jika tidak salah, akhirnya seorang cewek dengan seragam putih-hitam (sepertinya dari bagian daging dia datangnya) yang akhirnya melayani saya.
Humm.. alangkah disayangkan sekali, gembar-gembor promo harga spesial yang bermaksud untuk meningkatkan sales dan juga menarik customer untuk lebih banyak membeli justru tidak diimbangi oleh pelayanan bagian timbang (bukankah semua buah harus ditimbang terlebih dahulu sebelum menuju kasir???). Lalu, apa artinya promosi yang justru memperburuk citra carrefour itu saja..
Dan saya bukan lah satu customer yang merasakan ini, ada ibu dan juga Bapak yang mengalami hal yang sama, bahkan setelah saya cukup lama berkeliling disana. Tetap saja, tidak ada satu orang staf timbang yang incharge disana??
Apakah emang staf timbang tidak ditempatkan di area timbang?? Atau apakah ini lepas kontrol sehingga sang staf tsb justru bebas berkeliaran tanpa harus melayani customer yang memang butuh untuk membeli dan menimbang buah.
Mohon ini menjadi catatan yang berarti, sayang juga kan untuk promo buah2 tsb?? Terkecuali emang promo nya juga tidak begitu niat, jadi ya tidak didukung penuh dengan layanan yang prima.
Entahlah saya tidak tahu pasti..

Kejadian berikutnya yang membuat saya juga kesal adalah kejadian di kasir. Customer sebelum saya adalah seorang ibu-ibu yang juga membeli pulsa isi ulang. Nah karena mungkin si customer belum terbiasa, dia menanyakan bagaimana cara prosesnya. Sang kasir (seorang laki-laki) menjelaskan tapi tidak terlalu jelas juga (mungkin) sehingga ibu tadi masih bingung, dan akhirnya kasir tsb berkata, nanti tanya ke bagian informasi saja..Lalu dianterlah ibu itu.. Dan sangat disayangkan adalah kasir tersebut justru tetap berada di informasi bukannya kembali ke meja kasirnya dan kembali menjalankan tugasnya untuk customer berikutnya.
Saya pun menegur kepada dia dengan berkata, “Mas, harusnya ga usah ditemani kalo udah di informasi, kan customernya juga masih banyak dan antriannya dah panjang.” Sang kasir pun menjawab, “Iya pak.”
Oke, barang2 yang saya beli pun di scan satu per satu dan akhirnya totalnya sejumlah 42 ribuan. Saya membayar dengan mengeluarkan kartu kredit MEGA Visa saya (karena saya sering melakukan pembayaran di carrefour manapun dengan kartu kredit). Dan sang kasir langsung memprosesnya ke mesin EDC Mandiri hingga keluar struk yang harus saya tanda tangani (sebanyak 2 buah) dan satunya untuk copy saya. Pas kartu saya digesek ke bagian keyboard di komputernya, lacinya tidak bisa terbuka dan terdengar bunyi yang tidak biasa. Sang kasir akhirnya bertanya ke kasir sebelahnya (Cewek dengan seragam kasir berwarna biru), dan mbak yang satu ini berkata, ya jelas ga bisa karena nilainya.
Kalau disini belum bisa pak sistem nya karena untuk kartu kredit harus minimal 50 ribu. Saya langsung menyahut, “Loh, harusnya dari awal donk dibilang, jangan sudah digesek dan di tanda-tangani begini.” Mbak kasir itu pun akhirnya bertanya, “Mungkin ada kartu lain?” Karena sudah kesal dengan beberapa kejadian itu, saya pun langsung berkata, sudah cancel aja deh belanjaan saya. Saya tidak jadi beli. Dan tolong diproses cancel dari kartu kredit saya ini. Dan si mbak nya pun memproses hingga keluar struk untuk membatalkan transaksi tersebut.

Dengan kesal saya meninggalkan area kasir dan langsung mencari tempat complain. Kembali disayangkan lagiii…Tempat complain justru tidak terdapat Sehelai kertas pun untuk complain..Apakah ini emang Disediakan hanya untuk pajangan sajaa??? Mengapa demikian?? satu lembar kertas pun tidak tersedia disana. Akhirnya, saya langsung menuju ke bagian informasi untuk meminta form complain. Sayang sekali juga, saya masih tidak jelas, bagian informasi ataukan bagian kasir juga?? karena walaupun hanya dijaga satu orang cowok, dia bertugas untuk menjaga tempat penitipan barang (menerima dan mengembalikan barang customer) tapi selain itu dia juga ikut menjadi kasir.. Hummm Pusiing, bagian informasi aja harus disibukkan dengan bagian kasir, sampai-sampai saat saya meminta form complain pun tidak begitu ditanggapi.
Ya memang, mana ada yang dengan senang hati menanggapi orang yang mau complain dengan muka kesal yang begitu terpancar di wajah saya. Akhirnya, ada seorang wanita (staf wanita) datang ke bagian penitipan dan informasi tsb, saya langsung meminta form keluhan kpd dia dan dia pun memberikan nya, saya langsung mencatat apa saja keluhan2 saya yang baru saj saya alami di carrefour express ini. Setelah selesai saya langsung memasukkan nya di bagian kotak saran dan kritik tsb. Lalu saya bergegas pulang karena saya tidak bisa membeli apa yang tadi nya saya ingin beli.

Tapi, catatan dari saya untung bagian cashier head-nya langsung telepon kepada saya pada pukul 20.30 dan meminta maaf atas ke-tidak profesional-an kasirnya (sesuai dengan complain saya mengenai ketidak profesionalan kasir dan pelayanan yang kurang baik dari kasir), Saya cuma mau bilang mohon setiap kasir yang ada harus yang benar-benar siap untuk melayani customer yang banyak karena carrefour sudah dikategorikan hypermarket sehingga butuh sikap dan kualitas kasir yang di atas kasir-kasir pasar tradisional
Demikian saran dan kritik dari saya. Terima kasih kalau saran dan kritik ini bisa diperhatikan demi perbaikan di carrefour sehingga tidak perlu banyak orang (customer lain) harus mengalami kejadian-kejadian yang membuat kesal ini.

Salam,

Laurentius

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s