BUNDA

Gw belom bisa tidur nih sampe malam hari ini. Jam di kos gw sudah menunjukkan pukul 23.00 alias jam 11 malem, sedangkan jam di HP gw juga tidak menunjukkan perbedaan waktu yang berarti karena di HP gw sudah jam 10.54 pm.

Pfuigh..

Akhir-akhir ini gw sangat susah tidur, entah kenapa gw bisa begini, mungkin salah satunya karena pikiran kali yaa..Ga tau juga.. yang pasti sih gw terkadang tidur di saat yang gw tidak merasa sedang tidur, jadi kalo istilah populernya ya.. “sekonyong-konyong”

Malem hari ini, mengisi waktu gw yang belum ngantuk ini, gw berniat membagi apa yang gw baru tonton nih di Tv. Gw nonton tayangan ulang tahunnya salah satu televisi swasta yang ke 8, apalagi kalo bukan Trans Tv.

Trus apa hubungannya? apa pentingnya juga?

Gw baru liat satu sketsa yang mengisahkan begini.

Ada seorang anak perempuan sedang duduk termenung dengan muka yang sedih di depan tukang penjual bunga mawar merah. Mukanya nampak murung sekali, akhirnya ada seorang cowok yang datang menghampiri dia sambil menanyakan kepada anak perempuan itu, “Dik, kamu kenapa?”

Sang anak itu pun menjawab dengan polosnya, “Hari ini Ibu saya ulang tahun, saya mau membelikan mawar merah kesukaan ibu saya..” dengan jawaban yang sedikit lirih dan muka yang tetap murung….

Cowok itu pun dengan segera menghampiri penjual bunga dan membelikan mawar merah kepada anak itu.

Sketsa pun berlanjut

Gw kira anak kecil itu pasti akan membawa cowok tadi ketemu dengan ibunya (itu yang ada di benak gw) saat anak itu menarik-narik tangan sang cowok sambil berlari ke sebuah tempat.

dan tidak disangka saat dia membuka pagar.. ternyata tempat itu adalah sebuah kuburan.

Ya, ternyata sang ibu anak kecil itu sudah tiada.. dia sudah meninggalkan sang anak sendiri, namun anak kecil itu masih dengan semangat yang sama, dengan kegirangan yang sangat dia berlari kecil menuju makan ibunya sambil berkata.. “ibu..lihat apa yang kubawa.. aku bawa mawar merah untuk hadiah ulang tahun ibu..”

“Bagaiamana ibu di Surga sana..” demikian ucap sang anak

Lalu, apa yang terjadi pada sang cowok?

Sang cowok pun teringat beberapa waktu yang lalu dia sering tidak menjawab teltepon dari ibunya di saat dia kerja..

Dia juga sering tidak peduli sewaktu ibunya menelpon di malam hari..

Dari kejadian itu, sang cowok pun akhirnya disadarkan dan ia pun kemudian memberikan hadiah special untuk ibunya yaitu sebuah pelukan hangat…

—————————–

Yaps.. melihat sketsa tersebut gw juga diingatkan hal yang sama..Gw diingatkan sama bunda alias mami gw.

Beberapa hari yang lalu pun, saat merayakan Natal bersama di panti Pniel, sang Kepala yayasannya, Ibu Stien, juga menyampaikan hal yang intinya sama.

Jangan sampai kita melupakan ibu kita. Ibu sudah berjasa sampai kita sebesar ini, Ibu Stien berpesan, rajin-rajin lah menyapa ibu walaupun hanya lewat telepon.. Ibu mu pasti senang.. dia perlu itu.. dia perlu sapaan hangat dari anaknya, dia perlu pertanyaan sepele dari anak-anaknya yang hanya menanyakan

“lagi apa mi?”

“sudah makan belom nih mi malem ini?”

“mami masak apa hari ini?”

Dia butuh itu, dia butuh sedikit perhatian darimu.

Yaap,, mami.. aku sayang mami.. gw pun merasa puas karena sebelum menonton sketsa tadi, gwĀ  baru saja telepon mami.. dan dengan senangnya karena aku akan banyak menghabiskan waktu bersamanya di rumah..

lagu ini pun terdengar lirih di telingaku:

Kubuka Album Biru
Penuh Debu dan Usang
Kupandangi Seragam Berdiri
Kecil Bersih Belum Ternoda

Pikirku Pun Melayang
Dahulu Penuh Kasih
Teringat Semua Cerita Orang
Tentang Riwayatku

Kata Mereka Diriku Slalu Dimanja
Kata Mereka Diriku Slalu Ditimang

Nada-nada Yang Indah
Slalu Terurai Darimu
Tangisan Nakal Bibirku
Tak Kan Jadi Deritamu

Tangan Halus dan Suci
Tlah Menangkap Tubuh Ini
Jiwa Raga dan Seluruh Hidup
Rela Dia Berikan

Kata Mereka Diriku Slalu Dimanja
Kata Mereka Diriku Slalu Ditimang

Oh Bunda Ada dan Tiada
Dirimu Kan Selalu Ada Di Dalam Hatiku

Pikirku Pun Melayang
Dahulu Penuh Kasih
Teringat Semua Cerita Orang
Tentang Riwayatku

Kata Mereka Diriku Slalu Dimanja
Kata Mereka Diriku Slalu Ditimang

Oh Bunda Ada dan Tiada
Dirimu Kan Selalu Ada Di Dalam Hatiku

———————-

Gw yang sedang tidak bisa tidur, yang sedang menanti-nantikan datangnya liburan panjang šŸ™‚

One thought on “BUNDA

  1. Hello.Saya dari Malaysia dan akan ke Bandung bersama suami saya pada 22 January 2010 ini. Lau Tze pernah nginap di abadi hotel kan ?Saya nak tahu hotel itu dekat atau jauh dari area shopping di bandung?TQ!
    harap email back to me soon!thanks.

Leave a Reply

