Ribetnya ngurus Paspor

Pas liburan panjang gw kemaren di Cirebon, terlintas di benak gw buat mengurus pembuatan paspor. Selidik punya selidik, gw pun mencari tau dimana letak tuh kantor imigrasi..

Liat di buku kuning alias Yellow pages dapetnya di jalan Sisingamangaraja, yang gw tau itu jalan deket kawasan sekolah Santa Maria, dan mudah ditelusuri karena pasti di pinggir jalan.

Eeehh ternyata setelah tanya orang gereja yang baru-baru waktu itu ngurusin paspor, ternyata tuh kantor imigrasi dah pindah ke daerah Kedawung.. dan ternyata setelah gw dan papi gw ke sana, beuuuuuuuuhh.. jauhnya dari jalan utama… Untung supir angkotnya tau tempatnya jadi dia mau antar sampe di tempat kantor imigrasi.

Nah apa saja yang perlu diperhatikan saat mau buat paspor: kelengkapannya adalah Kartu keluarga (asli dan fotokopi), KTP (asli dan copy), Ijasah atau Akte lahir (Asli dan Copy). Prosedurnya biasanya sudah terpampang jelas di tembok kantor imigrasinya. Dan perlu diperhatikan ada banyak juga siih calo disana, cuma gw nyoba buat ngurus sendiri. Oiya, untuk karyawan swasta perlu juga mencantumkan surat keterangan dari perusahaan looh (makanya gw isi sebagai mahasiswa sadja deh, jadi ga perlu surat keterangan)

Pertama, gw minta formulir aplikasi pembuatan paspor, petunjuk pengisiannya ada terpasang di meja tempat kita bisa nulis form nya. Abis diisi komplit trus beli map kuning deh di koperasi nya. Gilee, map kuningnya harganya 7500 cuyy, untungnya banyak jugaa tuuh..

Setelah komplit mengisi form aplikasi dan kelengkapannya disatukan dalam map kuning tadi, langsung deh daftar ke bagian permohonan paspor dengan menulis nama dan menunggu sampai dipanggil namanya🙂 ini iseng motret loketnya..

Dan setelah ngasih berkas-berkas di loket permohonan paspor, kita nunggu lagi deh sampe dipanggil di bagian kasir buat bayar biaya pembuatan nya. Beuuuh nunggunya boww.. luaamaa bangeeettt… Ga tau deh bingung padahal orangnya ga banyak-banyak amat tuuh..

Alhasil setelah menunggu saat gw tetep nunggu tuuh.. baru dipanggil jam 13.30-an deh.. trus bayar nya total 270 ribu buat biaya paspor 48 halaman, pembuatan sidik jari, sama apa gituu gw lupa.. ini dia kwitansinya:

Nah, abis bayar..nunggu lagii, tinggal sesi pemotretan dan wawancara. Lama lagi juga nih nunggu dipanggilnya..

Akhirnya jam 14.30-an gw dipanggil buat foto dan cap sidik jari, semua jari ternyata.. Trus nunggu tinggal satu step lagi, yaitu wawancara..

Eits jangan dibayangkan akan wawancara kayak mau masuk kerja yaa.. Wawancaranya cuma beberapa menit, dan hanya ditanyakan mau pergi kemana buat paspor..dan gw jawab ga buat jaga-jaga ajah kalo dapet kerjaan ke luar negeri, trus ditanyain yakin belom punya paspor sebelomnya, gw jawab ya yakin laah bu.. trus udah deh katanyaa akan jadi 4 hari kerja (tapi padahal standar nya 3 hari kerja looh)..

Dan ternyata baru jadi kamis minggu lalu (7/1) artinya jadinya6 hari kerjaa.. capee deehh

Cuma yang jadi catatan gw adalah terlalu lamanya menunggu yang tidak membuat orang nyaman mengurus paspor sendiri.. beuuh..ampuuun daaah

7 thoughts on “Ribetnya ngurus Paspor

  1. tau gak, mestinya map kuning itu gak bayar loh…
    di kantor imigrasi bandung dijual 15rb >.<

    beuuuuhhh… (Lau)

  2. wkwkwkw..sama lau..pelayanannya amit-amit bgt..gw jg khan k imigrasi sono pas liburan pjg kemarin, ngurusin paspor dede gw..beuhh..parah abis..
    whahahaha…

    Hahahahaaa..iya nih instansi pemerintahannya lemoootttt (Lau)

  3. agak mendingan tuh, di kota batam lebih parah lagi…
    mau masukin berkas aja mesti ngantri dari subuh…
    parah kan????

  4. Entah perasaan saya aj mungkin,setiap kali dtang k tempat-tempat pelayanan public tdak terkecuali imigrasi,rs pemerintah atau kantor desa,pelayanan ko buruk bin jelek d tambah ribet mungkin harus d bungkam dgn duit baru bisa cpet.

Leave a Reply

