Chikungunya

Pas sore hari ini (18/1), gw diberi link dari harian kompas hari ini juga oleh temen kantor gw -vero- yang isinya menjelaskan kalau ada beberapa orang di Jamblang (salah satu Desa di Kab. Cirebon, tempat kelahiran gw) yang terkena chikungunya. Begini isinya:

CIREBON, KOMPAS.com — Lebih dari 50 warga Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, terjangkit chikungunya selama sebulan terakhir. Meski tidak ada warga yang sampai dirawat di rumah sakit, mereka mengeluh tak mampu beraktivitas.

Ong Yan (50), warga Blok Kelenten, Desa Jamblang, mengaku bahwa dia dan empat anggota keluarganya terjangkit chikungunya. Bahkan, semua tetangganya juga terpapar penyakit yang sama, meski tidak serentak. “Kenanya gantian. Setelah saya, kemudian anak-anak saya,” kata Ong Yan, Senin (18/1/2010).

Lain lagi dengan Yeni (27), salah seorang warga yang terjangkit saat sedang hamil sembilan bulan. Pada badannya muncul bercak-bercak merah dan terasa pegal di sekujur persendian. Dia sempat tak bisa jalan selama dua hari. Setelah dibawa ke bidan dan diberi obat, tiga hari kemudian dia baru bisa berjalan. Untungnya, penyakit yang disebabkan virus ini tak mengganggu janinnya.

Menurut Toha, Ketua RW 6 Desa Jamblang, penyakit chikungunya mulai menyerang warga sejak awal Desember 2009 dan berlanjut sampai sekarang. Sedikitnya, ada 50 warga yang terjangkit dari dua blok di desa itu. Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk yang sama dengan penular penyakit demam berdarah ini baru pertama kali berjangkit di Desa Jamblang.
……….
…..

wah semua nama yang disebut di KOMPAS itu, gw kenal semuaa..

Nah, gara-gara itu gw pun langsung telepon ke rumah, ke mami gw, dan ternyata benar kalau sedang banyak yang kena penyakit itu..Gw pun mencari tahu tentang apa itu chikungunya. Chikungunya adalah sejenis demam virus yang disebabkan alphavirus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk dari spesies Aedes aegypti. Gejala utama terkena penyakit Chikungunya adalah tiba-tiba tubuh terasa demam diikuti dengan linu di persendian. Bahkan, karena salah satu gejala yang khas adalah timbulnya rasa pegal-pegal, ngilu, juga timbul rasa sakit pada tulangtulang, ada yang menamainya sebagai demam tulang atau flu tulang.

Nah, kontradiksinya.. di hari yang sama, hari ini (18/1) juga merupakan hari launching produk perdana customer care dari perusahaan gw, yaitu lotion penolak nyamuk, dengan nama dagang “MOSKY”.

ayo temen-temen kita jaga lingkungan kita tetap sehat dengan cara tidak membiarkan tempat-tempat yang bisa menimbulkan genangan air bersih yang bisa menjadi sarang nyamuk Aedee maupun Culex yang bisa jadi vektor untuk penyakit Chikungunya ini.

Go Healthy Life ^^

5 thoughts on “Chikungunya

  1. Dear Friend….

    Salam kenal sebelumnya, nama saya herman domisili di jakarta. Saya bkerja di station radio sawasta RDTPI, alam kesempatan ini saya ingin menanyakan kontak lotion Mosky untuk saya tawarkan beriklan di radio kami. kiranya sebagai produk baru harus di aware ke masyarakat khususnya kalangan menengah bawah bahwa ada produk mosky sebagai penangkal nyamuk.

    Sekian kami sampaikan, atas perhatiannya terimakasih.

    Best Regards,

    Herman
    0818721010

  2. Benar mas,kita harusnya bersyukur ada produk baru pengusir nyamuk.saya jg butuh alamat dan no. telp. pabriknya,siapa tahu bisa jualan…

    Untuk marketing bisa hubungi tim Consumer Product Pak Yudi Permadi di 021-7454111 (hunting)

  3. Wow, i’d just try to type Mosky in google images – and i found it =).

    Very nice…

    The product is really good with 100% Natural Active Ingredients – Hypoallergenic Tested and Toxicology Tested.

Leave a Reply

