Dialog Siput dan Lalat

siputSuatu hari, Langit begitu Indah & Cerah,
Awal dari Musim Semi yang membahagiakan..

Di bawah Pohon CERI,
Tampak seekor Siput Kecil merayap ke atas perlahan..
Sementara itu, beberapa saat kemudian, muncul seekor
Lalat yang terbang kesana kemari dengan ceria
sambil memperhatikan si Siput..

Melihat si Siput merayap perlahan,
Sang Lalat berkata :
“Hai, Siput, kamu hendak kemana?”
Dengan tenang, sambil terus merayap,
Si Siput kecil menjawab :
“Mau makan Buah CERI”

“Ha ha ha, Siput Bodoh.. Mana ada Buah CERI? Aku dari atas sana, Buah CERInya nggak ada”
Lalat menertawakan perilaku si Siput Kecil..
Kata si Siput Kecil :
Aku nggak peduli, Saat aku tiba di atas, Pohon CERInya pasti sudah berbuah

Terkadang bentuk nyata Tujuan Hidup tidak tampak Jelas..
Namun, mereka yang SUKSES adalah mereka yang
Bisa menembus waktu, Melihat ke depan & tetap Teguh,
Gigih Bergerak untuk mencapai Impiannya..

Orang lain mungkin tidak melihatnya,
Bahkan mungkin mencemooh, karena mereka tidak mengerti..
Orang lain akan berusaha menjatuhkan semangat Anda..

Namun pada saat Anda mencapai impian Anda,
Pada saat Anda memperoleh Buah CERI yang Anda inginkan,
Barulah mereka mengerti bahwa Impian Anda bukanlah Khayalan semata..

Karena itu, Jangan biarkan orang lain merebut mimpi
Anda sebelum terwujud..
Beranilah Bermimpi & Tetaplah TEGUH Bergerak
untuk meraih mimpi tersebut..

Advertisements

Hidup ini Berharga

Hidupmu berharga bagi Allah
Tiada yang tak berkenan dihadapan-Nya
Dia ciptakan kau s’turut gambar-Nya
Sungguh terlalu indah kau bagi Dia

Dia berikan kasih-Nya bagi kita
Dia t’lah relakan segala-galanya
Dia disalib tuk tebus dosa kita
Ka’rna hidupmu sangatlah berharga

Reff :
Buluh yang terkulai
Tak’kan dipatahkan-Nya
Dia kan jadikan indah
Sungguh lebih berharga

Sumbu yang t’lah pudar
Takkan dipadamkan-Nya
Dia kan jadikan terang
Untuk kemuliaan-Nya

Sebuah lagu indah, mempunyai makna cukup mendalam. Lagu yang dapat membawa pada suatu refleksi yang panjang juga mengajak kita untuk semakin lebih memahami arti dari kasihNya yang tiada tara.

Apa pun keadaan kita, Ia tetap menghargai, mengasihi, melindungi, menuntun kita, karena di mataNya kita sungguh berharga!! Lagu ini dapat kita jadikan meditasi indah, saya yakin mampu menghantar kita pada suatu keyakinan yang tinggi bahwa “hidup kita sungguh berharga”, krisis-krisis kehidupan dapat kita atasi karena kita yakin bahwa ada seorang yang selalu menerima dan menyambut kita dalam ketakberdayaan dan penolakan dari sesama, karena kasihNya abadi. “Sungguh kau terlalu indah bagi Dia”

-no name-

Cangkir Cantik

cangkir1Sepasang kakek dan nenek pergi belanja di sebuah toko suvenir untuk mencari hadiah buat cucu mereka. Kemudian mata mereka tertuju kepada sebuah cangkir yang cantik. “Lihat cangkir itu,” kata si nenek kepada suaminya. “Kau benar, inilah cangkir tercantik yang pernah aku lihat,” ujar si kakek.
 
Saat mereka mendekati cangkir itu, tiba-tiba cangkir yang dimaksud berbicara “Terima kasih untuk perhatiannya, perlu diketahui bahwa aku dulunya tidak cantik. Sebelum menjadi cangkir yang dikagumi, aku hanyalah seonggok tanah liat yang tidak berguna. Namun suatu hari ada seorang pengrajin dengan tangan kotor melempar aku ke sebuah roda berputar.
 
Kemudian ia mulai memutar-mutar aku hingga aku merasa pusing. Stop! Stop! Aku berteriak, Tetapi orang itu berkata “belum !”
lalu ia mulai menyodok dan meninjuku berulang-ulang. Stop! Stop! teriakku lagi. Tapi orang ini masih saja meninjuku, tanpa menghiraukan
teriakanku. Bahkan lebih buruk lagi ia memasukkan aku ke dalam perapian. Panas ! Panas ! Teriakku dengan keras. Stop ! Cukup ! Teriakku lagi. Tapi orang ini berkata “belum !”
 
Akhirnya ia mengangkat aku dari perapian itu dan membiarkan aku sampai dingin. Aku pikir, selesailah penderitaanku. Oh ternyata belum.
Setelah dingin aku diberikan kepada seorang wanita muda dan dan ia mulai mewarnai aku. Asapnya begitu memualkan. Stop ! Stop !
 
Aku berteriak. Wanita itu berkata “belum !” Lalu ia memberikan aku kepada seorang pria dan ia memasukkan aku lagi ke perapian yang lebih panas dari sebelumnya! Tolong ! Hentikan penyiksaan ini ! Sambil menangis aku berteriak sekuat-kuatnya. Tapi orang ini tidak peduli dengan teriakanku.Ia terus membakarku.
 
Setelah puas “menyiksaku” kini aku dibiarkan dingin. Setelah benar-benar dingin, seorang wanita cantik mengangkatku dan menempatkan aku dekat kaca. Aku melihat diriku. Aku terkejut sekali. Aku hampir tidak percaya, karena di hadapanku berdiri sebuah cangkir yang begitu cantik. Semua kesakitan dan penderitaanku yang lalu menjadi sirna tatkala kulihat diriku.
 
Renungan :
Seperti inilah Tuhan membentuk kita. Pada saat Tuhan membentuk kita, tidaklah menyenangkan, sakit, penuh penderitaan, dan banyak air mata. Tetapi inilah satu-satunya cara bagi-Nya untuk mengubah kita supaya menjadi cantik dan memancarkan kemuliaan-Nya.
 
“Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai pencobaan, sebab Anda tahu bahwa ujian terhadap kita menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang supaya Anda menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.”
 
Apabila Anda sedang menghadapi ujian hidup, jangan kecil hati, karena Dia sedang membentuk Anda. Bentukan-bentukan ini memang menyakitkan tetapi setelah semua proses itu selesai, Anda akan melihat betapa cantiknya Tuhan membentuk Anda

Prinsip 90/10

488Barusan dapet email dari temen gw..bagus nih..semoga memberi masukan positif bagi kita semua:

PRINSIP 90/10

oleh: STEPHEN COVEY

Bagaimana prinsip 90/10 itu?

– 10% dari hidup Anda terjadi karena apa yang langsung Anda alami.

– 90% dari hidup Anda ditentukan dari cara Anda bereaksi.


Apa Maksudnya?

Anda tidak dapat mengendalikan 10% dari kondisi yang terjadi pada diri Anda.


Contohnya:
Anda tidak dapat menghindar dari kemacetan. Pesawat terlambat datang dan hal ini akan membuang seluruh schedule Anda. Kemacetan telah menghambat seluruh rencana Anda. Anda tidak dapat mengontrol kondisi 10% ini. Tetapi beda dengan 90% lainnya. Anda dapat mengontrol yang 90% ini.


Bagaimana caranya?

Dari cara reaksi Anda !!!. Anda tidak dapat mengontrol lampu merah, tetapi Anda dapat mengontrol reaksi Anda.


Marilah kita lihat contoh di bawah ini:


KONDISI:

Anda makan pagi dengan keluarga Anda. Anak Anda secara tidak sengaja menyenggol cangkir kopi minuman Anda sehingga pakaian kerja Anda tersiram kotor. Anda tidak dapat mengendalikan apa yang baru saja terjadi ???


Reaksi Anda (1):

Anda bentak anak Anda karena telah menjatuhkan kopi ke pakaian Anda. Anak Anda akhirnya menangis. Setelah membentak, Anda menoleh ke istri Anda dan mengkritik karena telah menaruh cangkir pada posisi terlalu pinggir di ujung meja.

Akhirnya terjadi pertengkaran mulut. Anda lari ke kamar dan cepat-cepat ganti baju. Kembali ke ruang makan, anak Anda masih menangis sambil menghabiskan makan paginya. Akhirnya anak Anda ketinggalan bis. Istri Anda harus secepatnya pergi kerja. Anda buru-buru ke mobil dan mengantar anak Anda ke sekolah. Karena Anda telat, Anda laju mobil dengan kecepatan 70 km/jam padahal batas kecepatan hanya boleh 60 km/jam.

Setelah terlambat 15 menit dan terpaksa mengeluarkan kocek Rp 600.000,- karena melanggar lalu lintas, akhirnya Anda sampai di sekolah. Anak Anda secepatnya keluar dari mobil tanpa pamit.

Setelah tiba di kantor di mana Anda telat 20 menit, Anda baru ingat kalau tas Anda tertinggal di rumah.


Hari kerja Anda dimulai dengan situasi buruk. Jika diteruskan maka akan semakin buruk. Pikiran Anda terganggu karena kondisi di rumah.
Pada saat tiba di rumah, Anda menjumpai beberapa gangguan hubungan dengan istri dan anak Anda.


Mengapa ? Karena cara Anda bereaksi pada pagi hari.


Mengapa Anda mengalami hari yang buruk ?*
1. Apakah penyebabnya karena kejatuhan kopi ?
2. Apakah penyebabnya karena anak Anda ?
3. Apakah penyebabnya karena polisi lalu lintas ?
4. Apakah Anda penyebabnya ?

Jawabannya adalah No. 4 yaitu penyebabnya adalah ANDA SENDIRI !!!

Anda tidak dapat mengendalikan diri setelah apa yang terjadi pada cangkir kopi. Cara Anda bereaksi dalam 5 detik tersebut ternyata adalah penyebab hari buruk Anda.

Berikut adalah contoh yang sebaiknya atau seharusnya Anda sikapi.

Reaksi Anda (2):
Cairan kopi menyiram baju Anda. Begitu anak Anda akan menangis, Anda berkata lembut : “Tidak apa-apa sayang, lain kali hati-hati ya.” Anda ambil handuk kecil dan lari ke kamar. Setelah mengganti pakaian dan mengambil tas, secepatnya Anda menuju jendela ruang depan dan melihat anak Anda sedang naik bis sambil melambaikan tangan ke Anda. Anda kemudian mengecup lembut pipi istri Anda dan mengatakan: “Sampai jumpa makan malam nanti.”

Anda datang ke kantor 5 menit lebih cepat dan dengan muka cerah menegur staf Anda. Bos Anda mengomentari semangat dan kecerahan hari Anda di kantor.

Apakah Anda melihat perbedaan kedua kondisi tersebut?
2 (dua) skenario berbeda, dimulai dengan kondisi yang sama, diakhiri dengan kondisi berbeda.

Mengapa?
Ternyata penyebabnya adalah dari cara Anda bereaksi !. Anda tidak dapat mengendalikan 10% dari yang sudah terjadi. Tetapi yang 90% tergantung dari reaksi Anda sendiri.


Ini adalah cara untuk menerapkan prinsip 90/10. Jika ada orang yang mengatakan hal buruk tentang Anda, jangan cepat terpancing. Biarkan serangan tersebut mengalir seperti air di gelas. Anda jangan membiarkan komentar buruk tersebut mempengaruhi Anda.


Jika beraksi seadanya atau salah reaksi maka akan menyebabkan Anda: kehilangan teman, dipecat, stress dan lain-lain yang merugikan.

Bagaimana reaksi Anda jika mobil Anda mengalami kemacetan dan terlambat masuk kantor? Apakah Anda akan marah? Memukul stir mobil? Memaki-maki? Apakah tekanan darah Anda akan naik cepat?


Siapa yang peduli jika Anda datang telat 10 detik ? Kenapa Anda biarkan kondisi tersebut merusak hari Anda ? Cobalah ingat prinsip 90/10 dan jangan khawatir, masalah Anda akan cepat terselesaikan.


Contoh lain:

– Anda dipecat.

Mengapa Anda sampai tidak bisa tidur dan khawatir? Suatu waktu akan ada jalan keluar. Gunakan energi dan waktu yang hilang karena kekhawatiran tersebut untuk mencari pekerjaan yang lain.


– Pesawat terlambat.

Kondisi ini merusak seluruh schedule Anda. Kenapa Anda marah-marah kepada petugas tiket di bandara ? Mereka tidak dapat mengendalikan terhadap apa yang terjadi. Kenapa harus stress ? Kondisi ini justru akan memperburuk kondisi Anda. Gunakan waktu Anda untuk mempelajari situasi, membaca buku yang Anda bawa, atau mengenali penumpang lain.


Sekarang Anda sudah tahu prinsip 90/10. Gunakanlah dalam aktivitas harian Anda dan Anda akan kagum atas hasilnya. Tidak ada yang hilang dan hasilnya sangat menakjubkan. Sudah berjuta-juta orang menderita akibat stress, masalah berat, cobaan hidup dan sakit hati yang sebenarnya hal ini dapat diatasi jika kita mengerti cara menggunakan prinsip 90/10.


Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Sikapilah segala sesuatu dengan hati yang lemah lembut, selalu positive – thinking, beraksilah secara positif, bukalah hati kita untuk saling mengampuni, dan berikanlah senyummu setiap hari niscaya hidup itu akan terasa indah.

Berkat TUHAN dalam setiap Masalah Hidup (Part II)

“THANKS GOD for Nice DAY in September”..

Itu status yang gw pasang mulai tanggal satu September di Lotus Sametime (ato biasana disingkat jadi ST ajah). Ini salah satu jenis software yang dipake di perusahaan gw yang bisa digunakan untuk chatting intranet ke sesama operator (eh salah ini mah iklan AXIS denk) ke temen2 ato rekan kerja dalam lingkup Dexagroup.

Di bulan September ini aku juga dapet bukti dari kata-kata tersebut..setidaknya aku jadi makin dikuatkan..aku makin percaya kalao judul di atas tulisan ini akan terus menerus bersambung hingga serentetan berkat Tuhan yang disediakan Nya itu tercurah bagi gw dan keluarga gw..

Dan ini berkat permulaan, mengapa? karena saya percaya ini baru sebagian kecil dari rencana Nya yang luar biasa indah..mau tahu apa berkat permulaan dari Tuhan dalam setiap permasalahan hidup yang gw alami? Ini dia.. (semoga membangkitkan semangat, kekuatan, dan memberi motivasi untuk kita semua agar tidak pernah menyerah kepada yang namanya keadaan dan masalah)..

Tanggal 15 September 2008, gw diberi kesempatan untuk belajar mnyusun budget departemen DLBS. Bersama para senior2 gw (Pak Asep, mba Poppy, Ci bibie) yang tentunya mereka-mereka ini dah lebih banyak makan asam garam dalam hal per-BUDGET-an..hehehe..

Keesokan harinya, pak Raymond (kalo yang dah pernah baca tulisan gw pasti tau lah ya siapa dia..hehehhe) menelpon gw dan berkata kalau dia kirim strategic map untuk tahun depan sambil menjelaskan secara umum tentang langkah penyusunannya..nah di akhir pembicaraannya pak ray bilang kalo dia punya kabar bagus untuk gw, tapi nanti aja katanya akan dikasi tau pas dia datang ke cikarang..dan gw cukup sabar menunggu..

Di Hari rabu (17 Sep 08), rekan kerja gw di DLBS (Dina Rahmi) mengatakan lewat chat by ST bahwa gw akan dapet kabar baek..nah gw bingung dah..kabar baek apaan sih bu? gw bilang gituu..ternyata dia juga menerima kabar baek dari pa Ray pas hari itu, dan dia bilang kalo ntar pa Ray ke cikarang gw bakal dikasi tau..oo..ya oke lah..gw akan tunggu kabar bagus itu…

Tapi, namanya juga manusia..dikasi tau bakal dapet kabar bagus ya pasti pengen tau secepet2nya toh? ya gak? makanya gw mencoba untuk cari tau sendiri dulu tentang kabar baek itu..gmn caranya? karena akhir-akhir ini (maksudnya pas Agustus-September ini) gw sedang bergumul ttg kerjaan gw..ya gw cari tau nya di portal dari perusahaan gw..disitu gw dapetin bahwa possition title nya koq dah ganti yaa..tadinya assistant scientist koq dah berubah associate scientist..dan gw berucap Thanks God!! mungkin ini yang akan disampaikan oleh pak Ray pas ntar dia k cikarang..

Sekilas tentang resolusi gw tahun 2008, gw sempet punya resolusi kalo di tahun 2008 ini gw harus udah jadi associate scientist dan gw pasang tuh resolusi di stereofoam di tembok kamar kos gw..Tapi seiring bertambahnya waktu gw melihat kayaknya ga bakal kecapai nih resolusi itu..akhirnya gw copot deh tuh resolusi pas Agustus (setelah gw dah 2 tahun bekerja)..dan gw mulai bergumul ttg kerjaan gw..apakah gw harus mulai mencari-cari tempat baru atao stay tetep disini..Thats yang gw alami sebelumnya.

Nah otomatis donk gw sedikit terkejut..jawabannya tepat pada waktunya..Beberapa temen gw pernah bertanya apakah rencana gw ke depannya di pekerjaan? dan gw cuma jawab dan menetapkan batas-batas waktu untuk gw mengambil langkah:

  1. Setelah gw 2 tahun bekerja (14 juli 2008) apa yang akan terjadi..
  2. Setelah bulan September apa yang akan terjadi (mengingat kenapa sampe September? karena gw pernah ikut program pendidikan management di kantor gw dan gw membayar sebesar 25% dari total biaya pendidikan..Nah pas sudah selesainya, gw dapet juara II jadi uang yang gw bayarin akan dikembalikan lagi ke gw setelah cicilan lunas dan kalo diitung-itung itu pas di bulan September 2008 akan dibalikin).

Dari kedua batasan tersebut gw sudah melampaui yang juli dan gw agak sedikit kecewa sih waktu itu..makanya sampe tulisan resolusi 2008 itu gw copot dari singgasananya..hehehe

But Tuhan kita tidak pernah berhenti untuk mendengar toh? DIA Tuhan yang tidak jemu-jemu mendengar setiap keluh kesah dan keinginan hati anak-anakNya..Dan di bulan September ini gw dapet kejutan itu..

Pas hari senin, tanggal 22 September kemaren, Pa Ray manggil gw ke ruangannya..dan gw dah menebak akan diberi tau kabar bagus itu..Awalnya sih cerita-cerita ttg kemajuan project gw dan beberapa hal lain..Tapi akhirnya dia menyodorkan kertas rangkap tiga dan dia menjelaskan bahwa dia sudah mengajukan permohonan kenaikan jabatan untuk gw dan telah disetujui oleh pak FAS (Managing director di perusahaan gw)..dan dia menerangkan nya dan gw tanda tangan deh di kertas itu..Thanks GOD !!

dan pas hari ini, 23 September 2008 gw pindah deh di lantai atas, mengingat kerjaan gw juga yang dah di atas ya udah dehh boyongan tuh pagi2 bawa2 barang2 yang ga sedikit..hehehe..itu berkat permulaan yang gw rasain di bulan September ini.. 

Pesan Moral: orang yang bermoral akan memberi pesan moral yang bermoral agar dia bisa memper-moral orang-orang yang hendak menjadi bermoral (apaan sehh..dah ga jelas..gini nih kalo nulis di blog sambil disiram aliran udara dari AC yang dinginnya minta ampun)..wakaka..

So..nantiin berkat2 laennya juga..

Tetap kuat dalam setiap masalah..hidup akan jadi lebih tak berarti saat hidup kita biasa-biasa saja..hidup akan lebih berwarna saat kita bisa menghadapi masalah dengan sikap hidup yang benar (lau-Tze quote)